Categories: Sambas

Seiring Diresmikannya Dua PLBN di Kalbar, Jokowi Harap Ini Momen Pertumbuhan Ekonomi

KalbarOnline, Sambas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang sudah dibangun megah dan telah diresmikannya, sebagaimana PLBN Nanga Badau, di Kabupaten Kapuas Hulu, dan PLBN Aruk, di Kabupaten Sambas, bisa menjadi titik pertumbuhan ekonomi, bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Memang kita ingin pos-pos ini bisa kita pakai untuk akses ekspor produk-produk lokal, produk-produk Indonesia ke negara tetangga. Jangan yang dari sana ke sini tapi dari sini ke sana. Baik dalam bentuk kayak kemarin ikan, di sini juga sama ada CPO, juga sama. Saya kira akan mempercepat ekonomi di perbatasan,” ujar Presiden Jokowi kepada wartawan usai meresmikan PLBN Aruk, di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (17/3) siang.

Presiden menunjuk contoh PLBN Badau yang sudah dipakai untuk ekspor untuk CPO, yang sudah banyak sekali. 70 ribu metrik ton, dan tahun ini akan naik menjadi 120 ribu metrik ton.

“Saya kira kesempatan yang harus diambil di situ, tidak ada yang lain,” ucapnya.

Presiden berharap dengan adanya PLBN Aruk yang dilengkapi dengan peralatan dan prasarana yang memadai, maka jeruk Sambas bisa didorong untuk ekspor, lada juga didorong untuk ekspor, demikian juga buah naga.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta agar Kepala-Kepala Daerah, baik Gubernur, baik Bupati semuanya harus menyiapkan produk-produknya agar bisa kompetitif, agar mempunyai kualitas yang baik agar bisa diterima untuk pasaran ekspor.

“Dari sini lewat Kuching, bisa ke negara yang lain, enggak apa-apa, kenapa tidak? Jangan sampai yang dari sana masuk kebanyakan ke sini,” pungkasnya. (Fat/Mur/Setkab)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment

Recent Posts

Devi Harinda Buka Kegiatan Workshop dan Business Matching Politap Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemkab Ketapang, Devi Harinda membuka Workshop dan…

15 mins ago

Syamsul Islami Hadiri Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H dan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII bersama Forkopimda Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Sekda Ketapang, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Ketapang, Syamsul…

16 mins ago

Audiensi dengan Kepala BPJS, Sekda Sebut Pemkab Ketapang Akan Pastikan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakatnya

KalbarOnline, Ketapang - Sekda Ketapang, Alexander menerima audiensi Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Ketapang, pada Jumat…

17 mins ago

Harga Telur di Putussibau Meroket Hingga Rp 22.000

KalbarOnline, Putussibau - Harga sembako yang ada di toko-toko maupun di minimarket di wilayah Putussibau…

47 mins ago

Sulaman Benang Asa: Mengukir Keindahan dalam Perayaan Hari Kartini

KalbarOnline, Banjarbaru - Dalam rangka memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

1 hour ago

Menteri AHY: Pemerintah Hadir bagi Warga Terdampak Bencana Likuefaksi Palu

KalbarOnline.com, Palu - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

6 hours ago