Categories: Sekadau

Dandim 1204/Sanggau Launching Cetak Sawah di Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Komandan Kodim 1204/Sanggau Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa me-launching cetak sawah di Dusun Suak Terentang Desa Engkersik Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, Sabtu (25/02).

Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, mengatakan bahwa program cetak sawah merupakan bagian dari program nawacita untuk swasembada pangan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia terutama para Petani.

“Untuk anggota Poktan untuk lebih semangat lagi dalam pengolahan lahan pertanian sehingga dapat meningkatkan hasil sesuai dengan harapan,” ucap Dandim 1204/Sgu, Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa.

Di tahun 2017, Kabupaten Sekadau mendapatkan target cetak sawah seluas 200 hektare yang tersebar di Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau Hulu dan Belitang, kata Dandim 1204/Sgu Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa saat melaunching Cetak Sawah di Kabupaten Sekadau.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sekadau, Sandae mengatakan, bahwa pihaknya akan lebih mempertimbangkan dengan tepat keseimbangan pengerjaan cetak sawah dan akan mencari solusi untuk menetralkan kadar asam yang tinggi pasca cetak sawah.

Hal senada juga disampaikan, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Suak Terentang Bersatu, Ilyas, mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah dalam cetak sawah dan minta agar tetap dikawal TNI dan PPL sehingga bisa mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.

Hadir dalam launching tersebut Kadis Pertanian, Perkebunan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten  Sekadau Sandae, Pabung Kodim 1204/Sgu Kab Sekadau Kapten Inf Budi, Pasiter Kodim 1204/Sgu Kpt Inf Eko Prasetyo Widodo, Danramil 15/skd Lettu Inf Agus Mulyanah, para Babinsa, para PPL, Kades Engkersik dan Ketua Poktan Suak Terentang Bersatu, Ilyas.

Launching diawali dengan kegiatan adat berupa Prema Tanah (Adat Ngudas) dengan tujuan agar dalam pelaksanaan pengerjaan cetak sawah tidak mendapatkan rintangan hal-hal yang tidak diinginkan, lancar dan aman yang dipimpin oleh mantri adat. (ian/mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

8 hours ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

8 hours ago

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

10 hours ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

10 hours ago

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

18 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

18 hours ago