KalbarOnline, Sintang – Kaum ibu memang harus memahami dengan baik mengenai kanker leher rahim, untuk bisa melakukan upaya pencegahan dan membimbing anak-anak khususnya remaja wanita. Demikian disampaikan Wakil Bupati Sintang pada saat membuka Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Dalam Rangka HUT BPJS Kesehatan Ke 48 Tahun 2016 di Pendopo Bupati Sintang pada Kamis, 21 Juli 2016.

“Saya berharap sosialisasi seperti ini bisa diakukan terus menerus dengan peserta dari kalangan ibu rumah tangga, bukan hanya untuk kaum perempuan yang tergabung dalam organisasi saja. Ada banyak kaum perempaun yang belum memahami kanker rahim ini. Pola hidup sehat juga masih perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat supaya bisa menjaga tubuhnya dengan baik” terang Askiman.

“Setelah kaum ibu memahami kanker rahim, maka mereka akan mampu membimbing anak-anaknya khususnya yang perempuan. Karena ibu yang paling dekat dengan anak-anaknya. Ibu yang akan menjadi tempat mereka berkonsultasi” tambah Askiman.

Yuliana Fitriani Ketua panitia sosialisasi menjelaskan kanker payudara menempatkan urutan pertama dan kanker rahim urutan kedua yang diderita perempuan di dunia. “100 ribu perempuan indonesia, 16 diantaranya penderita kanker rahim. Untuk itulah kami ingin mensosialisasikan kanker rahim supaya memahami dan mencegah kanker rahim. Pada tanggal 29 juli 2016 nanti kami akan melakukan pemeriksaan gratis kanker rahim di tiga puskesmas dan dilakukan serentak seluruh indonesia.  Sosialisasi ini diikuti oleh pengurus dan anggota organisasi perempuan se kabupaten sintang” terang Yuliana Fitriani.

Ketua TP. PKK Kabupaten Sintang Ny. Rosinta Askiman menyampaikan PKK Kabupaten Sintang sangat mendukung upaya menjaga kesehatan khususnya kaum perempuan karena sosok ibu sangat penting dalam menjaga kesehatan anak-anaknya. “Untuk itu, sosok ibu harus juga mampu menjaga kesehatannya, terlebih menghindarkan diri dari penyakit kanker rahim. Saya sangat mendorong agar kaum perempuan memahami dan mengenal ciri-ciri kanker rahim untuk melakukan upaya pencegahan” terang Ny. Rosinta Askiman.

Kabid Pelayanan Kesehatan Ridwan Toni Pane menyampaikan bahwa deteksi dini terhadap kanker rahim sangat penting. Untuk bisa mendeteksi dini, kaum perempuan harus memahami apa itu kanker rahim. Saya juga mendorong supaya, 50 orang kaum perempuan yang sudah memahami kanker rahim untuk membagikan pengetahuannya kepada perempuan lain. “Kalau ibu-ibu sudah menjadi anggota JKN, maka pemeriksaan kanker rahim akan gratis. untuk itu, silakan memeriksakan diri ke Puskesmas” ajak Ridwan Toni Pane. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY