Wakil Bupati Sintang, Askiman Beserta Rombongan Saat Menghadiri Bhakti Sosial Keluarga Berencana Kesehatan TNI Yang Digelar Kodim 1205 Sintang (Foto: Sg)
Wakil Bupati Sintang, Askiman Beserta Rombongan Saat Menghadiri Bhakti Sosial Keluarga Berencana Kesehatan TNI Yang Digelar Kodim 1205 Sintang (Foto: Sg)

KalbarOnline, Sintang – Jajaran Kodim 1205 Sintang menggelar bhakti sosial keluarga berencana kesehatan TNI tahun 2017 di Aula Puskesmas Kecamatan Dedai, Kamis (18/5).

“Bhakti sosial yang diselenggarakan oleh jajaran Kodim 1205 Sintang ini merupakan salah satu bentuk keterlibatan TNI dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera,” ujar Wakil Bupati Sintang, Askiman saat membuka pelaksanaan Bhakti Sosial Keluarga Berencana Kesehatan TNI tersebut.

“Banyak penduduk pun percuma kalau kita tidak sehat dan berkualitas, maka program keluarga berencana harus tetap kita kampanyekan. Kita dorong masyarakat untuk mengikuti program KB,” ajak Wabup.

“Program KB bukan saja membatasi jumlah anak, tetapi juga membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Terima kasih kepada jajaran Kodim 1205 Sintang karena sudah membantu Pemkab Sintang dalam mengkampanyekan program KB di Kabupaten Sintang, kami berharap supaya kerjasama dan kemitraan ini bisa terus dilakukan,” terang Wabup Askiman.

Dalam mendorong kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Wabup berharap tidak hanya sebuah kegiatan seremonial saja, tetapi harus serius dan memiliki langkah yang tepat.

“Saya juga menghimbau kepada ibu hamil untuk rutin memeriksakan kesehatan kandungan kepada petugas kesehatan, bayi harus rutin ke posyandu, dan atur jarak kelahiran anak,” ajak Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sintang mengajak masyarakat untuk bijak menyikapi isu-isu yang tidak jelas dan merugikan masyarakat.

“Sintang ini rumah besar kita semua. Sama seperti sebuah rumah yang dihuni oleh berbagai kelompok masyarakat. Maka mari kita jaga kondisi yang baik. Mari kita hidup berdampingan dengan penuh kasih dan damai,” tukas Wabup.

Sementara Dandim 1205 Sintang, Letkol (Inf) Marsana menyampaikan bahwa TNI tidak saja bertugas menjaga pertahanan keamanan saja, tetapi membantu pemerintah dalam membangun masyarakat.

“Kegiatan bhakti sosial KB kesehatan ini merupakan kerjasama antara kepala BKKBN Pusat dengan Panglima TNI. Ini untuk mengatasi persoalan penduduk yang menjadi tanggungjawab banyak pihak termasuk TNI. Persoalan tersebut adalah tingginya pertumbuhan penduduk akhir-akhir ini. Ini upaya TNI membantu pemerintah mewujudkan masyarakat yang sehat. Tujuan kegiatan ini bukan saja mengendalikan pertumbuhan penduduk, tetapi mendorong terbentuknya keluarga kecil sehat dan sejahtera,” terang Marsana.

“TNI mengajak kepala keluarga untuk menjalankan program KB ini. Di Sintang akan dilaksanakan pada bulan Mei dan Oktober. Sasaran kami adalah keluarga pra sejahtera dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah. Melalui kegiatan KB Kesehatan, ingin meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerah,” tambah Warsana.

Dalam bhakti sosial tersebut juga dilaksanakan sejumlah kegiatan seperti pengobatan massal, pelayanan posyandu, pelayanan dan konsultasi peralatan kontrasepsi. Tampak ribuan masyarakat memadati area Puskesmas Dedai. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY