KalbarOnline, Kubu Raya – Komando Distrik Militer 1207/BS Pontianak menggelar Upacara penutupan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke -101 di halaman Sekolah Dasar Negeri 05 Sungai Raya, Dusun Sido Mulyo, Desa Limbung Kabupaten Kubu Raya, Kamis (3/5) pagi.

Bupati Kabupaten Kubu Raya, Rusman Ali yang turut menghadiri acara tersebut saat ditemui awak media mengatakan Kabupaten Kubu Raya termasuk kabupaten baru dalam hal pemekaran tentunya dengan adanya program TMMD sangat membantu pemerintah daerah khususnya infrastruktur jalan.

“Karena bagaimana pun, kita masih kekurangan dalam hal sarana dan prasana terutama infrastruktur jalan. Dengan bantuan program TMMD ini, tentunya semuanya terbantu baik dari segi pekerjaan, yang mempunyai kualitas pekerjaan yang baik pula,” ujar Rusman Ali.

Dirinya berharap dengan adanya infrastruktur jalan dari program TMMD sepanjang 1.400 meter agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sendiri.

“Untuk itu saya berterimakasih, kepada seluruh yang terlibat dalam program TMMD ini. Semoga ini tetap bisa berlanjut, dan kami Pemerintah Kabupaten tetap mendukung pelaksanaan TMMD berikutnya nanti,” ucap Rusman Ali.

Dalam hal sisa pekerjaan sepanjang 2 KM, Bupati Rusman Ali menegaskan akan menggunakan skala prioritas untuk menampung keinginan masyarakat. Dalam hal pekerjaan rebat beton jalan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan segera membentuk tim untuk menilai daerah mana saja yang benar-benar memerlukan rabat beton jalan.

Dalam kesempatan yang sama, Danlanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo, mengatakan acara penutupan TMMD secara serentak yang dilaksanakan di 50 daerah setanah air. Dirinya juga menyebutkan TMMD merupakan keterpaduan seluruh elemen bangsa baik dari TNI, Polri serta masyarakat.

“Kegiatan ini tidak hanya tentang ketahanan, namun juga menyangkut keamanan, kenyamanan masyarakat secara keseluruhan. Tadi telah kita saksikan bersama kegiatan ini, tidak hanya menyangkut pembangunan fisik saja, juga ada non fisiknya artinya tidak hanya pembangunan sarana dan prasarana tapi juga membangun karakter masyarakat terutama generasi muda yang ada didalamnya,” tuturnya.

Dijelaskannya kegiatan non fisik pada program TMMD diantaranya adalah beberapa post kegiatan penyuluhan terdiri dari penyuluhan kesehatan masyarakat (bhakti sosial TNI), kemudian memperkuat ketahanan nasional.

“Saya berpesan sebagai orang yang dituakan dalam kegiatan ini, marilah bersama-sama TNI dan masyarakat selalu menjaga ketertiban dalam bermasyarakat. Serta para generasi muda mari tingkatkan kemampuan masing-masing sehingga bisa terus berkiprah dalam pembangunan nasional,” ajaknya. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY