KalbarOnline, Sintang – Universitas Kapuas (UNKA) Sintang pada bulan September 2016 ini kembali mencetak 327 orang lulusan Sarjana Strata Satu (S1).
Pelantikan dan wisuda sarjana UNKA Angkatan Ke-XIII ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Sintang, Kamis (29/09/2016).

Tampak hadir dalam acara Wisuda, Bupati Sintang Jarot Winarno, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, Ketua Yayasan Melati Sintang, Rambo Juris Mening, Dewan Pembina Yayasan Melati Sintang, yang juga mantan Bupati Sintang dua periode, Milton Crosby, Civitas Akademika UNKA Sintang, keluarga dan kerabat wisudawan serta tamu undangan lainnya.

Rektor UNKA Sintang, Dr. Drs. Petrus Atong., M.Si. mengatakan Lulusan UNKA Sintang anggkatan ke-XIII tahun 2016 ini mengantongi rata-rata nilai yang sangat memuaskan.
“rata-rata IPK lulusan 3,43 dengan produktifitas Lulusan 12 persen sementara rata-rata lama studi 5 tahun 3 bulan, ”terang Petrus Atong.

Petrus Atong berharap lulusan baru UNKA tersebut dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di kehidupan bermasyarat, berbangsa dan bernegara.

“hari ini kita lepas mereka ketengah masyarakat, semoga dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan serta keterampilan yang telah didapat,”harapnya.

Dikatakannya UNKA Sintang ikut mengukir sejarah untuk Bangsa dan Negara, Khusunya untuk wilayah timur Kalimantan Barat (Kalbar) dengan mempersembahkan lulusan sebanyak 327 orang Sarjana Stara Satu (S1) Tahun akademik 2015/2016.

“Lulusan UNKA Angkatan ke-XIII ini terdiri dari 189 orang laki-laki dan 138 orang perempuan,”ujarnya.

327 orang Lulusan UNKA tersebut terdiri dari jurusan Ilmu Administasi Negara sebanyak 112 orang, Ilmu Administrasi Niaga sebanyak 38 Orang, Agroteknologi sebanyak 45 orang, Kehutanan sebanyak 13 orang, Pendidikan Biologi sebanyak 64 Orang, dan Ilmu Hukum sebanyak 55 Orang.

“dengan lulusan sarjana baru, maka Alumni Universitas Kapuas Sintang telah berjumlah 4.120 orang,”bebernya.

Sementara kategori prestasi akademik lulusan sarjana baru wisuda ke-XIII sebagai berikut: lulusan tercepat jurusan Administrasi Negara yakni Tiyopilus dengan masa studi 3 tahun 7 bulan. Ilmu Administrasi Niaga yakni Ritin Udiawati dengan masa studi 3 tahun 8 bulan. Ilmu Kehutanan yakni Aan Kurniawan, dengan masa studi 3 tahun 7 bulan. Agroteknologi yakni Marselinus Jino dengan masa studi 3 tahun 7 bulan. Pendidikan Biologi yakni Sirke Gata dengan masa studi 3 tahun 7 bulan dan Ilmu hukum yakni Dasimin dengan masa studi 3 tahun 10 bulan.

Lulusan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi, Ilmu Administrasi Negara yakni, Emiliani Nindy Diana Rusega Sim dengan IPK: 3,88. Ilmu Administrasi Niaga yakni Yohana Arianti dengan IPK: 3,68. Ilmu Kehutanan Yakni Aan Kurniawan, dengan IPK:3,63. Agroteknologi yakni Marselinus Jino dengan IPK: 3,69. Pendidikan Biologi yakni Abdul Muis dengan IPK: 3,85 dan Ilmu Hukum yakni Rossy Rizki Novianti dengan IPK: 3,64.

Lulusan usia termuda Ilmu Administrasi Negara yakni, Sera Jalia (finalis puteri pariwisata Indonesia 2016) dengan usia 21 tahun, 2 bulan, 22 hari. Ilmu Administrasi Niaga yakni Ritin Udiawati dengan usia 22 tahun, 5 bulan, 18 hari. Ilmu Kehutanan yakni Heri Gunawan, dengan usia 22 tahun, 1 bulan, 11 hari. Agroteknologi yakni Yuniarsih dengan usia 21 tahun, 8 bulan, 27 hari. Pendidikan Biologi yakni Nurvica Andriani, dengan usia 21 tahun, 1 bulan, 14 hari, dan Ilmu Hukum yakni Harry Rahan Hafidz dengan dengan usia 21 tahun, 10 bulan, 18 hari.

Lulusan usia tertua Ilmu Administrasi Negara yakni, Chairul Anam dengan usia 47 tahun, 3 bulan, 27 hari. Ilmu Administrasi Niaga yakni Saryono dengan usia 39 tahun, 10 bulan, 16 hari. Ilmu Kehutanan yakni Damsi, dengan usia 45 tahun, 2 bulan, 8 hari. Agroteknologi yakni Wawan dengan usia 46 tahun, 1 bulan, 29 hari. Pendidikan Biologi yakni Marta, dengan usia 30 tahun, 9 bulan, 2 hari, dan Ilmu Hukum yakni Siti Kharisni dengan dengan usia 53 tahun, 1 bulan, 14 hari.

Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas diwisudanya 327 orang sarjana baru UNKA Sintang. Jarot berharap lulusan baru UNKA Sintang ini dapat menciptakan lapangan kerja, pasalnya lapangan kerja yang tersedia sangat terbatas.

“lulusan sarjana semakin bertambah, namun lapangan pekerjaan yang tersedia untuk menampung lulusan ini terbatas, untuk itu lulusan ini harus kreatif dan inovatif membuka lapangan kerja,”ujar Jarot.

Dikatakannya UNKA Sintang berkontribusi dalam pengembangan SDM yang berkualitas di wilayah Timur kalbar, sehingga diharapkan pada lulusan Unka ini mampu meng implementasi kan secara nyata kualitas SDM yang telah dibangun ketengah masyarakat.

“Kemajuan kabupaten Sintang yang akan datang saya harapkan ada kontrsibusi dari saudara-saudari ,”Harap Jarot kepada para 327 sarjana baru.

Sementara Dewan Pembina yayasan Melati Sintang, Drs. Milton Crosby M.Si juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada pihak Universitas Kapuas Sintang yang telah berupaya keras sehingga berhasil mencetak lulusan berkualias.

“ini sebuah prestasi yang luar biasa, dan ini bukti bahwa UNKA eksis ditengah masyarakat,”ungkap Milton
Milton mendorong lulusan baru UNKA yang telah menyandang gelar sarjana supaya lebih gesit dan berperan aktif ketika terjun ketengah masyarakat.

“implementasikan itu, gunakan ilmu dan keterampilan yang sudah didapat,”Tukasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY