Bunda PAUD, Ny Arita, Didampingi Ketua GOP TKI, Ny Agnes Leysandri, Menyerahkan Hadiah dan Bingkisan Kepada Pemenang Lomba Fashion Show Pada Jambore PAUD se Kabupaten Sanggau (Foto: Leo/Hms)
Bunda PAUD, Ny Arita, Didampingi Ketua GOP TKI, Ny Agnes Leysandri, Menyerahkan Hadiah dan Bingkisan Kepada Pemenang Lomba Fashion Show Pada Jambore PAUD se Kabupaten Sanggau (Foto: Leo/Hms)

Melatih diri, berinteraksi dengan lingkungan luar dan belajar berkompetisi

KalbarOnline, Sanggau – Setelah digelar sejak 16 Februari 2017 lalu, Jambore Pendidikan anak usia dini (PAUD) se Kabupaten Sanggau ditutup secara resmi oleh Ketua TP PKK yang juga merupakan Bunda PAUD Kabupaten Sanggau, Ny Arita Apolina, S.Pd., M.Si, bertempat di kawasan Kampung Santana, Kelurahan Tanjung Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Sebelum menutup jambore, Ny Arita yang didampingi oleh Ketua GOP-TKI, Ny Agnes Leysandri terlebih dahulu menyaksikan perlombaan terakhir dari seluruh perlombaan yang digelar dalam jambore tersebut, yaitu lomba Fashion Show yang dikuti sebanyak 21 orang untuk kategori putri dan 18 orang kategori putra.

Keluar sebagai juara pertama kategori putra yakni Gabriel Virgio dari TK Paroki, juara kedua diraih oleh Bima dari PAUD Ananda Sei Kosak dan juara ketiga diraih oleh Ravael dari PAUD Bintang harapan.

Sedangkan, kategori putri, juara pertama berhasil diraih oleh Kamiliah Marwan utusan dari TK Pertiwi, juara kedua berhasil diraih oleh Afifa Fitiya TK Kartika, juara ketiga diraih oleh Princes Bilory utusan dari TK Antokia.

Saat itu juga dilakukan pembagian hadiah kepada para pemenang perlombaan antara lain lomba memindahkan bola, menyusun puzzle, menyusun menara, lomba mewarnai, lomba celoteh anak, lomba menyanyi solo, lomba kolase dan permainan origami serta lomba bercerita guru.

Kepada para pemenang mendapatkan hadiah berupa piala penghargaan, uang pembinaan, piagam serta bingkisan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sanggau.

Ketua panitia kegiatan, Hermin Hidayati dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.

“Ini tentunya berkat kerja keras dan rasa kebersamaan dari segenap panitia,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia dan pihak – pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

“Teristimewa kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar – besarnya kepada Bupati  Sanggau melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Sanggau yang telah mendukung pendaaan sehingga terselenggaranya Jambore ini. Semoga di tahun mendatang dapat dilaksanakan kembali dan tentunya lebih meriah lagi,” tukasnya.

Sementara, Bunda PAUD, Ny Arita Apolina, S.Pd., M.Si, yang menutup jambore tersebut menyampaikan terima kasih kepada segenap panitia yang telah bersusah payah dan dengan  keikhlasan hati, sehingga penyelenggaraan jambore berjalan lancar.

“Kegiatan ini tentunya kita semua berharap, di tahun mendatang dapat dilaksanakan kembali dengan melibatkan lebih banyak lagi anak PAUD dan keanekaragaman perlombaan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut sangat berguna bagi pertumbuhan karakter anak.

“Disini mereka melatih diri, berinteraksi dengan lingkungan luar dan belajar berkompetisi, mengasah kecerdasan dan melatih keterampilan, disini juga mereka dapat mengenal satu sama lain dan tentunya sebagai motivasi bagi guru – guru, bagaimana menumbuhkembangkan anak – anak usia dini, karena kita bisa melihat kelemahan dan kekurangan anak didik di PAUD,” ujarnya.

Inilah, lanjutnya, awal dari pencetakan kader bangsa.

“Bagaimana kita memberikan pelajaran baik secara akademik maupun keterampilan lainnya,” tukasnya.

“Jadi kepada yang belum menang, jangan patah semangat danteruslah berlatih dan jadikan kekalahan sebagai pelajajaran bahwa kita masih perlu banyak belajar dan berlatih,” pungkasnya. (Leo/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY