Suasana Halal Bi Halal TP PKK se Kabupaten Sanggau (Foto: Leo/Hms)
Suasana Halal Bi Halal TP PKK se Kabupaten Sanggau (Foto: Leo/Hms)

KalbarOnline, Sanggau – Hampir seluruh Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten Sanggau menghadiri acara Halal bi halal yang dirangkaikan dengan arisan dan supervisi yang dipusatkan di Kecamatan Toba, Kamis (20/7).

Acara juga dihadiri unsur Forkopimka Toba, para Camat se-Kabupaten Sanggau, para Kepala Desa dan Dusun, Ketua TP PKK Desa serta seluruh Kelompok Dasa Wisma se Kecamatan Toba.

Camat Toba, Jemain dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau yang telah menunjuk Kecamatan Toba sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Ini merupakan suatu penghormatan bagi kami karena hal seperti ini sangat jarang dilaksanakan di Toba ini. Dengan adanya kegiatan ini juga dirasakan bahwa Kecamatan Toba sudah mulai maju dan diperhatikan ini tentunya bagamana membangun masyarakat dan mengubah pola pikir masyarakat terutama membangun dan menggerakkan peranan wanita dalam pembangunan,” katanya.

Dikatakanya, bagamana kita menggerakkan PKK ini menjadi sebuah kekuatan besar dalam pembangunan, sesuatu yang mendasar yang menjadi permasalahan dalam masyarakat di Toba ini adalah minimnya jamban keluarga.

“Mungkin hanya 30 persen masyakarat yang memiliki jamban keluarga, inilah yang menjadi tantangan kedepan jadi melalui tiga aspek yang terlibat dalam membangun jamban keluarga yaitu Masyarakat berkontribusi, PKK ber Gotong Royong dan Pemerintah dalam hal ini Pemerintahan Desa mendukung dalam pembiayaannya,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Jemain bahwa, Kecamatan Toba sangat terbuka terhadap semua unsur yang sifatnya membangun karena selama ini tidak pernah ada gejolak yang mengganggu keamanan wilayah masyarakat.

“Di Toba sangat harmonis dan tidak ada kata mayoritas dan minoritas, Toba ini tetap satu yaitu menuju masyarakat yang adil makmur dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina Hadi yang didampingi Wakil Ketuannya, Yohana Kusbariah Ontot menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaaan kepada Kecamatan Toba yang telah bersedia sebagai tuan rumah penyelenggaraan halal bi halal tersebut.

“Ini merupakan Kecamatan pertama kita tunjuk sebagai tuan rumah dan direncanakan setiap bulan akan bergiliran namun kegiatannya arisan gabungan dan supervisi,” ucapnya.

Dikatakannya, kegiatan ini sangat perlu karena disini kita akan mengetahui kemajuan wilayah lain dan sebagai motivasi bagaimana kita terapkan diwilayah masing-masing.

“Dalam rangka menggerakkan PKK haruslah saling bantu membantu dan bekerja sama, mulai dari PKK kabupaten, kecamatan, desa sampai ke RT/RW bahkan dasa wisma,” terangnya.

Hal yang sangat perlu kita perhatikan adalah bagaimana mengurangi kematian ibu dan bayi saat melahirkan, peran PKK sangat penting terutama dasa wisma dalam memberikan pencerahan dan pengetahuan kepada ibu hamil dalam menghadapi persalinan dan juga masalah dalam keluarga.

“Perlu juga kita tangani bersama karena ini juga ada hubungannya dengan ketentraman dan keharmonisan dalam masyarakat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Arita Apolina menyerahkan secara simbolis peralatan pembuatan jamban keluarga kepada ketua Dasa Wisma dalam Wilayah Kecamatan Toba yang selanjutnya dilakukan salam salaman dan saling memaafkan. (Leo/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY