Melalui Program TMMD ke-101, Jajaran Kodim 1207/BS Membangun Jalan Penghubung Desa Limbung - Rasau Jaya Umum Yang Dilakukan Bersama Masyarakat Secara Bergotong-royong (Foto: ian)
Melalui Program TMMD ke-101, Jajaran Kodim 1207/BS Membangun Jalan Penghubung Desa Limbung - Rasau Jaya Umum Yang Dilakukan Bersama Masyarakat Secara Bergotong-royong (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Kodim 1207/BS melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 tahun 2018 membangun jalan di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Jalan yang dibangun sepanjang 1400 meter tersebut merupakan jalan penghubung antara Desa Limbung menuju Desa Rasau jaya Umum, Kecamatan Rasau, Kabupaten Kubu Raya yang dilakukan TNI AD bersama masyarakat secara bergotong-royong.

“Sebelumnya infrastruktur jalan Desa Limbung dibangun menggunakan Dana Desa yang tiap tahunnya dianggarkan sebesar Rp150 Juta yang kemudian apabila didukung melalui APBD Kubu Raya dapat membangun 200 meter/tahunnya. Dengan adanya TMMD ini dapat menembus 1400 meter, sehingga terwujudlah keinginan masyarakat disini, untuk membangun jalan penghubung,” ucap Dandim 1207/BS Pontianak, Kolonel Inf Ulysses Sondang, S.I.P., M.Hum, di Desa Limbung, Dusun Sido Mulyo, Selasa (3/4).

Dikatakan Dandim, hasil dari pembangunan jalan melalui TMMD untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dalam bidang transportasi untuk membawa hasil produk perkebunan masyarakat, seperti tomat, kacang tanah, jagung dan lainnya. Diketahui bahwa Desa Limbung termasuk penghasil jagung terbesar yang ada di Kubu Raya.

“Struktur tanah gambut terkadang menjadi kendala bagi masyarakat, sehingga tercipta stigma negatif apalagi musim kemarau. Padahal ada 500 hektar yang belum dikelola secara maksimal, tentunya kita berharap lahan tersebut dapat diberdayakan untuk tanaman jagung dan kedelai serta ternak sapi,” tutur Dandim.

Dandim berharap, agar stakeholder terkait bersama-sama untuk memperhatikan pembangunan di Desa Limbung. Dalam hal mengelola lahan 500 hektar. Menurutnya mesti ada aset diatas lahan tersebut, seperti peternakan sapi atau perkebunan, sehingga dapat meminimalisir kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Desa Limbung, Tajuddin merasa bersyukur dan berterimakasih kepada TNI AD dengan adanya program TMMD. Dirinya mengatakan dengan program TMMD di wilayah kerjanya sangat membantu kebutuhan masyarakat Desa Limbung.

“TMMD merupakan rezeki besar yang datang ke kami. Karena sudah puluhan tahun mendambakan jalan yang layak untuk masyarakat demi hal itu segala perjuangan telah kami tempuh dari RT, RW, serta tokoh masyarakat hingga mengundang Pengajian Akbar. Alhamdulilah doa-doa kami didengar, yang pada akhirnya ada program TMMD di Desa kami,” tutur Tajuddin.

Dirinya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya khususnya TNI AD dan jajarannya dengan hadirnya Dandim, Danramil, Babinsa sehingga dapat memperhatikan keinginan masyarakat Desa Limbung yakni pembangunan jalan penghubung Desa Limbung ke Rasau Jaya Umum.

“Kalau jalan penghubung dengan panjang 1400 meter, dibangun dengan Dana Desa tentunya memakan waktu yang panjang untuk mencapainya. Namun dengan adanya TMMD ini, sangat membantu sekali dalam hal mewujudkan jalan penghubung,” tandasnya. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY