Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono Saat Memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila (Foto: Jim Hms)
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono Saat Memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila (Foto: Jim Hms)

Upacara Hari Lahir Pancasila

KalbarOnline, Pontianak – Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika sangat penting dalam menangkal radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara.

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak peran aktif seluruh elemen dan komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

“Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan,” ujarnya pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Wali Kota, Jumat (2/6).

Ditambahkannya, komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Salah satunya dengan dituangkannya Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program-program pembangunan.

“Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari nilai-nilai Pancasila,” terangnya.

Edi mengatakan, seluruh elemen masyarakat harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah, lanjutnya, pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI dan anti Bhinneka Tunggal Ika.

“Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham-paham dan gerakan anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI dan anti Bhinneka Tunggal Ika,” sebutnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga perdamaian, jaga persatuan dan persaudaraan, saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY