Tingkatkan Ketaqwaan, Pelihara Kebersamaan

KalbarOnline, Pontianak – Meskipun dalam suasana libur nasional, Sholat Jumat, di lingkungan RSJD Sungai Bangkong, tetap berlangsung, Jumat (14/4).

Bertindak sebagai khotib dan Imam Ust Agus Sudarmaji, M.Psi yang hadir bersama rombongan kegiatan Pelatihan Kursus Manajerial Kepemimpinan (KMK) Yayasan Ponpes Al Fatah Kalimantan Barat.

Khotib menyampaikan bahwa kewajiban bagi kaum Muslimin untuk bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Perihal ketaqwaan, lanjut Psikolog asal Bogor ini, berkaitan erat dengan kehidupan berjamaah.

“Kualitas diri kita ditentukan dengan sejauh mana ketaqwaan kita kepada Allah, hal ini merupakan hal penting untuk merawat dan memelihara kebersamaan,” jelasnya.

Sekitar 30 orang jama’ah khusyu mengikuti, beberapa orang diantaranya adalah pasien rawat inap zaal jiwa dan residen rehabilitasi Napza yang sudah mulai pulih dengan didampingi oleh perawat.

Menurut Uray Helwan, penanggung jawab Kesehatan Jiwa Masyarakat (Keswamas), Sholat Jumat dimaksudkan untuk memfasilitasi pasien yang beranjak pulih dalam menunaikan ibadah.

“Mereka belum diperbolehkan untuk keluar dari lingkungan RSJD, jadi kita upayakan mereka ibadah di sini,” terangnya.

Selesai sholat, Ust Agus Sudarmaji menyampaikan kehadirannya di Pontianak selain terkait kegiatan KMK Ponpes Al Fatah, juga untuk Tabligh Akbar Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Kalbar.

Dituturkannya, acara tersebut diselenggarakan Minggu, 16 April, di Mesjid Raya Mujahidin, dengan narasumber diantaranya Imamul Muslimin KH Yakhsyallah Mansur, MA, Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si dan Pembina Ponpes Tahfizhul Quran Al Fatah Singkawang KH Muhammad Hasbi Abdullah.

“Kita mengundang kaum muslimin di Kalimantan Barat untuk menghadirinya karena ada hal mendasar relevan dengan situasi sekarang yakni terkait perwujudan Islam yang Rahmatan Lil Alamin dalam bingkai kesatuan Ummat,” jelasnya. (Fai/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY