Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Korban Kecelakaan Kapal Motor Eka Jaya (Foto: ian/Hms SAR)
Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Korban Kecelakaan Kapal Motor Eka Jaya (Foto: ian/Hms SAR)

KalbarOnline, Kubu Raya – Tim SAR gabungan menurunkan satu unit Rescue Car dan satu set Rubber Boat serta unit RIB Pos SAR guna mendukung upaya pencarian peristiwa kecelakaan Kapal Motor Eka Jaya dengan dugaan korban satu orang nelayan terjatuh ke laut (Man Overboard) diperairan Tanjung Batu Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Rabu (31/1) siang.

Kepala Kantor Basarnas Pontianak, Hery Marantika membenarkan peristiwa tersebut dalam pemaparannya telah terjadi kecelakaan kerja dengan terjatuhnya korban saat berada dari atas kapal pada saat menarik jaring ikan di perairan tersebut.

“Sudah dilakukan pencarian awal oleh rekan korban dgn hasil nihil. diperkirakan titik koordinat 02°13’00” S – 110°01’00” E. *Radial 170°, Jarak 27 NM* dari Pos SAR Ketapang,” jelas Hery Marantika saat dikonfirmasi, di Sui Raya Kabupaten Kubu Raya.

Sebelumnya, dikatakan Hery Marantika tepat pukul Pukul 22.20 wib, Basarnas Pontianak menerima laporan dari warga atas nama Razi selaku keluarga korban. Dalam laporannya telah terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan terjatuhnya satu orang nelayan dari KM Eka Jaya, walaupun rekan-rekan korban telah melakukan upaya pertolongan namun si korban tidak ditemukan.

“Pada saat itu diprediksi kecepatan angin 15 kts dari arah dari 315° dengan kekuatan arus 4.5 kts arah ke 90°. Dengan keadaan angin ombak seperti itu memang sulit menemukan korban. pada pukul 06.00 wib tim SAR telah diturunkan ke lokasi,” jelasnya.

Diketahui korban bernama Senan (37) dengan ketiga orang rekannya yang telah dievakuasi dan dinyatakan selamat. Untuk pengembangan pencaraian, Tim Rescue Pos SAR Ketapang berkoordinasi dgn TNI AL Ketapang, POLAIR Ketapang, Polsek Matan Hilir Selatan, KSOP Ketapang dan SROP Ketapang. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY