Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Sutarmidji, Foto Bersama, Dalam Lawatan Safari Dialogisnya Bersama Masyarakat di Bengkayang (Foto: RMN)
Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Sutarmidji, Foto Bersama, Dalam Lawatan Safari Dialogisnya Bersama Masyarakat di Bengkayang (Foto: RMN)

KalbarOnline, Bengkayang – Sulitnya mendapatkan pekerjaan di Kabupaten Bengkayang sangat dirasakan pemuda Bengkayang yang telah memasuki usia angkatan kerja.

Seperti yang dialami salah seorang pemuda Bengkayang Ipur (19).

Menurut Ipur, sangat sulit mendapatkan pekerjaan di Kabupaten Bengkayang.

Harusnya, kata Ipur, ada solusi dari pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten bahkan Pemerintah Provinsi untuk membuka seluas-luasnya lapangan pekerjaan, tak hanya di Kabupaten Bengkayang, secara umum se – Kalbar.

“Sampai sekarang saya masih menganggur, karena disini sulit untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Saya harap ada solusi dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah provinsi selaku yang memiliki kewenangan. Saya berharap Sutarmidji jika terpilih bisa memberikan kemudahan mendapatkan pekerjaan yang layak bagi masyarakat,” tukas Ipur.

Hal ini tercantum jelas dalam pembukaan UUD 1945 pada alinea ke-4 yakni; Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan.

Mengatasi persoalan tersebut, calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji menegaskan bahwa dirinya bersama Ria Norsan, akan membuka lapangan pekerjaan baru yang dapat menyerap ratusan ribuan tenaga kerja di Kalimantan Barat.

Upaya yang dilakukan Sutarmidji yakni dengan meningkatkan sektor industri yakni membangun pabrik-pabrik pengelolaan hasil perkebunan dan pertanian di Kalimantan Barat.

Menurutnya, dengan adanya pabrik-pabrik, tentu dapat menyerap tenaga kerja yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Sektor industri harus ditingkatkan, kita kaya akan hasil pertanian dan perkebunan, misalnya sawit, karet dan lain-lain. Ini yang harus dilakukan agar dapat menyerap ratusan ribu tenaga kerja di Kalimantan Barat,” jelas Sutarmidji.

Namun demikian, Sutarmidji juga berharap para pemuda turut berpartisipasi membangun daerahnya masing-masing.

“Jadi para pemuda harus partisipasi untuk membangun daerahnya masing-masing. Agar nanti pemuda punya peran dalam meningkatkan kesejahteraan suatu daerah. Tidak ada pabrik pengolahan yang dapat mengola hasil pertanian dan perkebunan. Jadi harus ada pabrik pengolahan dan saya akan buat itu jika dipercaya memimpin Kalbar, agar masyarakat sejahtera,” tegas Sutarmidji.

Industri Kalimantan Barat, menurut Sutarmidji, jauh tertinggal. Semua hasil pertanian dan perkebunan dikirim ke luar negeri.

“Nah, yang dapat keuntungan orang-orang sana, karena dia jual dengan harga tinggi. Sementara Kalbar, yang merupakan daerah penghasil, hanya dapat keuntungan rendah, harusnya ada pabrik yang mengelola hal tersebut,” tukas Sutarmidji.

Selain itu, tokoh yang dikenal paling berprestasi ini, juga menegaskan bahwa dirinya akan melindungi tenaga kerja Kalimantan Barat agar mempunyai daya saing.

“Kita juga akan memproteksi untuk tenaga kerja Kalbar dapat prioritas dalam pekerjaan. Karena pemuda Kalbar punya daya saing yang harus dimanfaatkan,” tegasnya.

Mendengar komitmen Sutarmidji terkait pembukaan lapangan pekerjaan baru yang dapat menyerap tenaga kerja Kalimantan Barat, pemuda Bengkayang dengan mantap menyatakan dukungan terhadap Sutarmidiji.

Seperti yang disampaikan Rian (20).

“Kita ingin mudah dapat pekerjaan, ya pasti kita akan pilih Sutarmidji sebagai Gubernur Kalbar. Saya baru pertama kali punya hak pilih, untuk itu saya akan pilih yang mempunyai prestasi dan program untuk anak muda, ya nomor tiga lah yang akan kita coblos pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang,” tegas Rian. (KO3)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY