Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Serbaguna IPHI Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Serbaguna IPHI Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno melakukan penancapan tiang pertama pembangunan gedung serbaguna Ikatan Persuadaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Sintang yang terletak di Jalan Lintas Melawi – Sintang, Minggu siang (1/10) yang turut dihadiri Anggota DPR RI, H Sukiman dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengatakan sangat mengapresiasi atas pembangunan gedung serbaguna IPHI Kabupaten Sintang ini karena menurutnya keberadaan gedung serbaguna ini sangat penting yang nanti akan menjadi ruang baru bagi umat.

“Ini menjadi ruang baru bagi umat untuk berkumpul nanti, karena akan dibangun sangat luas di perkirakan mampu menampung 2000an umat yang nantinya berbagai kegiatan atau acara bisa dilaksanakan di gedung serbaguna ini,” ujar Bupati.

Bupati beharap proses pembangunan gedung serbaguna ini yang penggangarannya melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman selesai dalam tiga tahun anggaran.

“Gedung serbaguna ini merupakan bagian kecil dari fungsi dan peran asrama haji secara keseluruhan, mudah-mudahan dengan kita alokasikan penganggaran melalui dinas PUPR ini akuntabilitasnya bisa baik sehingga sejak awal kita kerjasama kan dengan teman-teman dari Kejaksaan Negeri Sintang melalui TP4D sehingga gedung ini bisa dibangun secara amanah dan berkelanjutan,” jelas Bupati.

“Meskipun penganggaran pembangunan ini melalui APBD yakni di Dinas PUPR tidak menutup kemungkinan apabila ada pihak-pihak lain yang ingin membantunya dipersilahkan,” timpal Bupati.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, H Joni Nurhaili mengatakan bahwa anggaran pembangunan gedung serbaguna ini dilakukan tiga tahap melalui dana DAU Kabupaten Sintang, dimana tahap satu yakni tahun anggaran 2017 sebesar Rp1.919.794.000 (satu milyar sembilan ratus sembilan belas juta tujuh ratus sembilan puluh empat ribu rupiah).

“Tahap satu pembangunan gedung serbaguna IPHI ini yakni pekerjaan pendahuluan, pekerjaan pondasi dan pekerjaan sloof dan balok lantai dan kita tidak pakai timbun tapi cor gantung, untuk tahap dua seperti pembanguna kolom, balok ring, atap, dinding dan seterusnya. Kemudian untuk tahap yakni terakhir untuk finising seperti interior dan lainnya, dan Insha Allah akan diselesaikan dalam tiga tahun dengan total anggaran yang di rencanakan Rp7,5 milyar untuk pembangunan bangunannya saja,” papar Joni.

Adapun luas bangunan, ungkap Joni, direncanakan dengan lebar 43 meter dan panjang 48 meter atau seluas 2092 MM dan untuk waktu pelaksanaan pekerjaan sudah di mulai 5 september 2017 lalu.

“Kita mohon dukungan semua pihaklah agar proses pembangunan gedung serbaguna IPHI ini selesai cepat waktu sehingga nanti bisa difungsikan secara bersama-sama,” pungkasnya. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY