Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Melepas Kafilah Pontianak STQ XXIV Tingkat Provinsi Kalbar (Foto: Jim Hms)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Melepas Kafilah Pontianak STQ XXIV Tingkat Provinsi Kalbar (Foto: Jim Hms)

Wali Kota Lepas Kafilah Pontianak STQ XXIV Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Kafilah Kota Pontianak yang akan berlaga pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIV Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) di Kabupaten Kayong Utara secara resmi dilepas oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji di ruang rapat Kantor Wali Kota, Jumat (5/5). Kepada para kafilah, Sutarmidji berpesan supaya mereka menjaga fisik dan kesehatan.

“Kita tidak mematok target mesti menjadi juara karena target itu cenderung bisa membebani mereka. Lakukan saja tugas sebaik-baiknya, kalau dapat juara alhamdulillah, kalau tidak ya tidak apa-apa. Kita akan evaluasi apa yang kurang dari pelaksanaan itu,” ujarnya.

Ia meminta para peserta yang mengikuti STQ Tingkat Provinsi Kalbar ini juga didampingi dokter dan psikolog sehingga bisa menghasilkan para qori dan qoriah maupun tahfiz dan tahfizah yang betul-betul bisa membaca dengan baik serta nikmat bagi yang mendengarnya.

“Kalau secara fisik dan mental mereka sudah siap, maka bacaannya pun juga akan baik,” sebutnya.

Meskipun STQ maupun MTQ merupakan kegiatan rutin, namun menurut Wali Kota dua periode ini, kedua-duanya harus dilakukan pembinaan secara kontinyu. Untuk itu, pihaknya akan mengarahkan para peserta yang akan mewakili Kota Pontianak untuk mengikuti kedua kegiatan tersebut, ke Panti Asuhan miliknya yang berlokasi di Pal Lima untuk pemusatan latihan (training center).

“Tempatnya representatif, kamar-kamarnya bagus untuk mereka menginap selama pembinaan,” imbuh Sutarmidji.

Di Gedung Panti Asuhan itu juga nantinya akan digunakan pusat pendidikan para tahfiz. Karenanya, orang nomor satu di Kota Pontianak ini berpesan supaya gedung itu digunakan secara maksimal guna melatih para qori dan qoriah maupun tahfiz dan tahfizah.

“Mungkin hari Sabtu-Minggu mereka mesti menginap untuk konsentrasi latihan di sana. Mereka akan kita siapkan makan dan minum selama berada di pusat pelatihan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pontianak, Mulyadi menyatakan, kafilah Kota Pontianak yang akan tampil pada STQ Tingkat Provinsi Kalbar saat ini relatif lebih lengkap dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mereka terdiri dari tilawah dewasa masing-masing 2 orang putra dan 2 orang putri. Tilawah anak-anak terdiri 1 orang putra dan 1 orang putri, tahfiz 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 20 juz.

“Para peserta berangkat tanggal 7 Mei ini,” tuturnya. (Fat/Jim Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY