Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Saat Melepas Peserta Jalan Sehat Dalam Rangka HUT Korpri ke-46 yang Digelar IKAPTK (Foto: Jim Hms)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Saat Melepas Peserta Jalan Sehat Dalam Rangka HUT Korpri ke-46 yang Digelar IKAPTK (Foto: Jim Hms)

IKAPTK Gelar Seni Pengabdian Meriahkan HUT KORPRI ke-46

KalbarOnline, Pontianak – Ratusan pelajar dan masyarakat umum antusias mengikuti jalan sehat yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI).

Jalan sehat yang merupakan bagian dari kegiatan Seni Pengabdian ini digelar oleh Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Pontianak di halaman SMPN 13 Jalan Tebu, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Minggu (26/11).

Diawali dengan Senam Pontianak Berjepin, dilanjutkan jalan sehat, atraksi Drum Band Abdi Praja IPDN serta pentas seni dan budaya. Tari-tarian tradisional yang mewakili beberapa daerah di Indonesia turut menyemarakkan even itu. Panitia juga menyediakan berbagai door prize menarik sebagai hadiah lomba jalan sehat.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari HUT KORPRI ke-46 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Puncak peringatan HUT KORPRI pada tanggal 29 November mendatang akan digelar upacara di halaman depan Kantor Wali Kota.

Di usia ke-46 KORPRI, orang nomor satu di Kota Pontianak ini mengapresiasi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pontianak yang dinilainya sudah cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diukir di tingkat nasional.

“Di bidang tata kelola pemerintahan, kita termasuk yang luar biasa,” ucapnya.

Tidak sedikit predikat bergengsi yang berhasil ditorehkan Kota Pontianak di tingkat nasional. Sebut saja, standar pelayanan publik terbaik seluruh Indonesia, Tata Kelola Ekonomi Daerah terbaik, pelayanan perizinan tercepat, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik selama tiga kali, inovasi terbaik dan masih banyak lagi.

Ia menilai, ASN di lingkungan Pemkot Pontianak ini sudah bekerja secara maksimal. Padahal, dilihat dari sisi jumlah SDM sangat minim, yakni tidak sampai 2 ribuan, diluar jumlah guru.

“Ini merupakan suatu hal yang luar biasa karena minim jumlah ASN-nya tetapi bisa berprestasi maksimal,” kata Midji.

Wali Kota dua periode ini berharap, seluruh ASN tetap bekerja secara maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat, pengabdiannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing, mematuhi Standar Operasional Pelayanan (SOP) dan senantiasa memberikan pelayanan yang cepat, murah dan transparan.

“Jangan ada pungli di Kota Pontianak,” tegasnya.

Komitmen Sutarmidji menghapus segala bentuk pungli ini mengantarkan Kota Pontianak menduduki peringkat kedua terbersih dari korupsi hasil survei yang dilakukan Transparency International Indonesia (TII). Sebelumnya, tahun 2015, Pontianak menduduki urutan keempat Indeks Persepsi Korupsi (IPK).

Tahun ini naik di posisi kedua, setelah Jakarta Utara. Menurutnya, menyandang predikat nomor dua terbersih dari korupsi se-Indonesia merupakan hal yang luar biasa, sebab berada di atas kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Surabaya, Makassar dan lainnya.

“Layanan publik yang baik itu adalah sederhana, murah, transparan dan bebas dari pungutan liar,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Seni Pengabdian, Zumyati menjelaskan, kegiatan yang digelar pihaknya ini bekerja sama dengan Dinas Penididkan dan Kebudayaan Kota Pontianak dan Kantor Camat Pontianak Barat serta Komunitas Darah Segar.

“IKAPTK ingin memberikan sumbangsih bagi korps pegawai negeri melalui pentas seni dan budaya serta kegiatan lainnya seperti jalan sehat, donor darah dan sebagainya,” tuturnya.

Zumyati, yang juga sebagai Ketua IKAPTK Kota Pontianak, menerangkan, dipilihnya nama Seni Pengabdian ini sesuai dengan rangkaian kegiatan di mana pihaknya menyajikan pentas seni dan budaya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak. Selain itu, even ini juga sebagai bentuk pengabdian sebagai pegawai negeri dalam memeriahkan HUT KORPRI ke-46.

“Sebagai KORPRI harus tertanam jiwa mengabdi, abdi masyarakat, abdi bangsa dan abdi negara,” imbuhnya.

Ia mengajak seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemkot Pontianak untuk bekerja secara maksimal dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. (Fat/Jim Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY