Suasana Pembongkaran Jembatan Yang Ada di Parit Sungai Raya Dalam (Foto: MD Group)
Suasana Pembongkaran Jembatan Yang Ada di Parit Sungai Raya Dalam (Foto: MD Group)

Wujud Sinergitas Antara Pemkot Dengan Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur

KalbarOnline, Pontianak – Seiring dengan pembangunan jalan paralel Sungai Raya Dalam yang ditargetkan selesai pada tahun ini hingga ke batas kota, untuk itu Pemerintah Kota Pontianak melakukan pembongkaran sejumlah jembatan yang ada di parit Sungai Raya Dalam.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, ada ratusan jembatan di sepanjang parit Sungai Raya Dalam yang akan dibongkar dan saat ini pihaknya hanya membongkar 15 jembatan terlebih dulu dan selanjutnya akan dilakukan pembongkaran lanjutan hingga pembangunan jalan paralel Sungai Raya Dalam selesai.

“Saya maunya jembatan di Sungai Raya Dalam ini hanya ada antara 4 atau 5 jembatan sampai batas kota. Jembatan itu kita bangun dengan bagus sehingga parit sebagai saluran primer ini bisa terjaga,” ujarnya saat memantau pembongkaran jembatan di Sungai Raya Dalam, Sabtu (4/3).

Wali Kota 2 (dua) periode ini juga mengungkapkan bahwa akan dibangun sebuah jembatan besar dengan nilai arsitektur lokal yang bisa menjadi daya tarik. Sebab, kawasan Sungai Raya Dalam merupakan wajah terdepan ketika orang dari luar masuk ke kota berjuluk Kota Khatulistiwa ini.

“Sehingga kawasan ini kita tata lebih rapi, lebih bagus dan mencerminkan kondisi kota secara riil,” ungkapnya.

Dalam melakukan pembongkaran jembatan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan RT/RW dan masyarakat setempat dan ditargetkan bisa terwujud seiring dengan selesainya pembangunan jalan paralel.

Ada satu hal yang membuat tokoh yang digadang-gadang jadi bakal calon Gubernur 2018 mendatang ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga kepada warga Sungai Raya Dalam. Hal ini lantaran masyarakat dengan kesadarannya sendiri menyerahkan lahannya untuk pembangunan jalan paralel selebar 10 meter tanpa ada ganti rugi sama sekali.

“Ini menunjukkan bahwa sinergi antara Pemkot dengan masyarakat dalam membangun infrastruktur di Kota Pontianak menjadi unggulan bagi Pemkot Pontianak,” tutur Sutarmidji.

Sutarmidji juga mengklaim, sinergitas antara Pemkot dengan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur terutama jalan, dengan menyerahkan lahannya secara sukarela tanpa ganti rugi itu, tidak ditemukan di daerah lainnya.

“Ini membuat Pontianak unggul dari sisi infrastruktur terutama jalannya. Saya berharap kondisi ini terus dipertahankan sehingga ada percepatan-percepatan signifikan dalam pembangunan kota,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY