Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Melantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Pontianak (Foto: Jim Hms)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Melantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Pontianak (Foto: Jim Hms)

Lantik Sederet Lurah Muda

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji melantik sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Dari sejumlah pejabat eselon yang dilantik, diantaranya diisi oleh wajah-wajah baru yang masih berusia muda, terutama lurah-lurah.

Sutarmidji menyebut, dalam waktu beberapa bulan ke depan, dirinya akan kembali melantik lurah muda. Sebab, ada dua orang lurah yang akan memasuki masa pensiun.

“Kebetulan untuk menduduki jabatan itu minimal pendidikannya D3 dan lurah sekarang banyak yang hanya tamatan SMA, makanya mereka kita ganti dengan yang muda-muda. Mungkin akan ada lulusan IPDN yang kembali ke Pontianak bisa menjadi lurah,” katanya saat melantik pejabat eselon II, III dan IV di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak, Kamis (6/7).

Ia menilai, kinerja para pejabat berusia muda ini bagus dan tidak kalah dengan pejabat yang berusia di atas mereka. Dengan jabatan yang diamanahkan kepada para kaum muda ini, dikatakannya sebagai tantangan bagi mereka sekaligus regenerasi ke depan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang bisa menjaga dan melanjutkan hasil pembangunan dan program pemerintah yang akan datang.

“Ini tantangan bagi mereka, jika orang muda tidak mampu mengerjakan yang seperti itu untuk apa dia jadi PNS,” ucapnya memotivasi.

Menurut Wali Kota dua periode ini, aturan saat ini memungkinkan bagi ASN berusia muda untuk meraih karir dengan cepat. Obsesi Sutarmidji adalah ada ASN di lingkungan Pemkot yang berusia 37 tahun ke bawah tetapi sudah eselon dua.

Saat ini, sudah ada camat yang berusia 33 tahun, demikian pula lurah rata-rata di bawah 30 tahun. Dirinya berharap mereka bisa berkarir dengan baik. Diakuinya, deretan pejabat muda itu banyak diisi oleh lulusan IPDN.

“Saya harap mereka bisa menunjukkan kemampuannya sesuai dengan pendidikan yang mereka peroleh. Saya yakin formasi ini lebih kuat karena kita sudah evaluasi kelemahan-kelemahannya di mana,” pungkasnya.

Sejumlah pejabat yang dilantik diantaranya Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setara eselon II b, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Raihan. Sedangkan pejabat setara eselon III a, diantaranya Camat Pontianak Selatan, Iwan Amriady, Camat Pontianak Tenggara, Herry Noviar dan Camat Pontianak Utara, Aulia Candra. Selain itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik dipercayakan kepada Rizal. (Fat/Jim Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY