Bupati Sintang, Jarot Winarno Turut Hadir Upacara Peringati HUT Pol PP, Damkar, Linmas, dan OTDA di lapangan Kodim 1205 Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno Turut Hadir Upacara Peringati HUT Pol PP, Damkar, Linmas, dan OTDA di lapangan Kodim 1205 Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Satuan Polisi Pamong Praja saat ini sudah berusia 67 tahun, PEmadam Kebakaran ulang tahun yang ke-98, Perlindungan Masyarakat berusia ke-55 tahun, dan otonomi daerah berusia ke-21 tahun pada tahun 2017 ini, tepat dihari Senin (10/4), Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang memperingati hari ulang tahun dengan mengadakan upacara bersama di Halaman Kodim 1205 STG yang dipimpin langsung oleh Bupati Sintang selaku Inspektur Upacara.

Hadir dalam acara tersebut para Forkorpimda, Pimpinan SKPD, para Kepala Bagian, Dharmawanita dan para peserta upacara yang terdiri dari Pemadam Kebakaran, Satpol PP, TNI, POLRI, para pelajar tingkat SMA, Mahasiswa dan PNS yang berada di ruang lingkup kerja Pemerintah Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang saat menjadi Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri dalam rangka HUT damkar, satpol pp, linmas, dan otonomi daerah, Jarot Winarno mengatakan kebijakan penanggulangan kebakaran dan bencana masuk urusan wajib dari Pemadam Kebakaran, “karena hal ini menjadi bagian yang strategis sebagai menjamin Pemerintah Daerah dalam melayani memadamkan kobaran api, penyelamatan terhadap warga masyarakat dari bencana kebakaran yang sejalan dengan nawacita presiden Republik Indonesia”. Kata Jarot.

Jarot menuturkan bahwa perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran sangatlah mulia, “karena dapat menyelamatkan nyawa orang ketika didalam bangunan yang terbakar, seperti pemukiman penduduk, bangunan gedung publik, industry, perdagangan serta hutan dan lahan, dan terus kita tingkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam bekerja untuk memadamkan kebakaran yang ada di Sintang”. Tutur Jarot.

Kepada para Satuan Polisi Pamong Praja yang ada di Kabupaten Sintang, Bupati Sintang meminta untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga semangat kebhinekaan di lingkungan kerja kita masing-masing, “mari kita perkuat kerjasama ini agar ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dapat memecah belah bangsa ini kita atasi bersama, saya haturkan terimakasih kepada anggota satpol PP yang telah memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus kepada masyarakat”.

Ungkap Jarot. Saat ini juga, lanjut Jarot dalam sambutannya, momentum peringatan hari otonomi daerah yang ke-21 tahun 2017 Bupati Sintang minta Pemerintah Daerah menghadirkan Pemerintahan yang lebih berdaya saing, lebih kreatif, “kita semua pada saat ini haruslah mampu untuk kreatif, mampu untuk berdaya saing, dengan mengembangkan inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah demi mewujudkan kesejahteran rakyat”.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Martin Nandung berharap dengan dihari ulang tahun Satpol PP, Damkar, dan Linmas bisa lebih berperan lebih aktif dan berperan lebih besar kedepannya untuk mampu hadir di tengah-tengah masyarakat dan bisa mampu mengemban tugas yang telah diberikan oleh pemerintah kepada masing-masing anggota dari satpol PP, damkar dan Linmas. Kata Martin Nandung

“kedepannya kita akan melaksanakan kegiatan pembenahan internal, akan terus meningkatkan profesionalitas baik itu Satpol PP, Damkar dan Linmas dalam halnya melayani performa yang terbaik untuk masyarakat, kami juga akan membangun sinergisitas antara pihak Pemerintah bersama masyarakat , kita ingin momok negative masyarakat terhadap satpol PP yang kejam itu dihilangkan dan agar dapat mendekatkan lebih ramah kepada masyarakat dengan melakukan pendekatan persuasive sebagai mitra masyarakat dan memberikan materi pemahaman tentang bagaimana tugas pokok fungsi dari Satpol PP, damkar dan linmas.

Sambung Martin Nandung,  momentum peringatan hari ulang tahun ini untuk membangun kebersamaan “mari kita jaga kebersamaan, kita jalin hubungan yang erat antara Pemerintah bersama masyarakat,”. Tutup Martin Nandung. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY