Silaturahmi Lintas Angkatan Alumni Magister Ilmu Hukum Undip (Foto: Haris)
Silaturahmi Lintas Angkatan Alumni Magister Ilmu Hukum Undip (Foto: Haris)

Citizen Reporter : M. Haris Zulkarnain, S.Sos

KalbarOnline, Nasional – Para Alumni Magister Ilmu Hukum Undip menggelar “Silaturahmi dan Pergantian Pengurus Alumni”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Seminar Magister Ilmu Hukum Undip, Minggu (22/4) pagi.

Kegiatan ini sekaligus pembentukan pengurus Ikatan Alumni (IKA) Magister Ilmu Hukum Periode 2018-2020. Dan dihadiri oleh mahasiswa Magister Ilmu Hukum Undip angkatan 2017.

Ketua Panitia Kegiatan, Dr. Kholis Roisah, S.H., M.Hum., mengatakan bahwa pertemuan alumni ini baru pertama kali diadakan, dahulunya organisasi alumni bernama IMAMIH (Ikatan Mahasiswa Alumni Magister Ilmu Hukum) pada tahun 2007.

Silaturahmi ini diharapkan diadakan secara periodik setiap tahun, alumni diharapkan bisa memberikan sumbangsih untuk almamater. Peran alumni sangat penting sekali bagi setiap perkembangan program studi, alumni bisa menyumbangkan pemikirannya melalui pengalamannya, link and match yang bersangkutan dengan lapangan pekerjaan, penyusunan kurikulum, alumni yang hadir ini pun bervariasi baik dari pemerintah provinsi dan lainnya.

“Dengan pertemuan ini, embrio untuk kegiatan menyambung silaturahmi. Itu tujuan dari diadakan kegiatan pertemuan alumni ini. Kita diharapkan bisa mempertahankan akreditasi A terhadap program studi Magister Ilmu Hukum,” tukasnya.

Di Magister Ilmu Hukum ada dua organisasi yaitu Ikatan Mahasiswa Magister Ilmu Hukum (IMMIH) dan Ikatan Alumni Mahasiswa Magister Ilmu  Hukum (IKAMIH). Harapannya alumni sama bangganya dengan alumni Fakultas Hukum dan Universitas Diponegoro, Pendaftar SBMPTN Undip 2018 nomor dua terbanyak di Indonesia. Dari sisi rangking Undip nomor 3 se-Indonesia.

Dari publikasi sampai bulan ini (April 2018) rangking 3 nasional. Alumni ikut serta sangat besar yang mempromosikan tentang Universitas Diponegoro dan bisa menarik orang untuk menimba ilmu di Universitas Diponegoro.

Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum, mengatakan kegiatan ini harus terus dilakukan secara periodik dan bersama-sama. Saya sangat mengapresiasi peserta yang hadir seperti dari Papua, Yogyakarta dan Jakarta.

Pengembangan kampus akan semakin baik dengan melibatkan alumni, perkembangan ilmu dan memberikan bantuan baik moril maupun materiil. Silaturahmi membuat kita panjang umur dan menambah rezeki. Misalnya kegiatan bakti sosial dan seminar.

Jumlah alumni mencapai 2.196 orang yang lulus dari Magister Ilmu Hukum Undip dan tersebar di seluruh daerah Indonesia. Alumni merupakan bagian yang seharusnya tidak terpisahkan dari civitas akademika sebuah kampus. Alumni seharusnya menempatkan almamater sebagai ibu asuh dalam pengembangan karir. Hubungannya bersifat resiprosikal, timbal balik saling membutuhkan. Beberapa manfaat temu alumni Magister Ilmu Hukum sebagai berikut :

  1. Pengembangan sebuah kampus juga tergantung pada kepedulian alumni sebaliknya alumni dapat terus menimba ilmu dari kampus.
  2. Temu alumni juga penting dipakai sebagai barometer lulusan. Apakah alumni Magister Ilmu Hukum telah banyak diserap dunia usaha atau belum.
  3. Memperkuat jaringan koneksi pertemanan. Untuk beberapa orang yang menggeluti dunia bisnis, atau jasa di bidang hukum ajang temu alumni menjadi hal yang sangat bermanfaat karena di situ ia bisa memperkenalkan keberhasilan usahanya dan mengajak teman-temannya bergabung atau menikmati hasil bisnis yang ia geluti.
  4. Menjalin tali silaturahmi dan saling bertukar informasi. Tentu hal ini sangat menyenangkan karena tali silaturahmi akan terjalin kembali dan merekatkan persahabatan dengan teman-teman yang mungkin sulit ditemui jika bukan dalam temu alumni. Selain itu, dengan menghadiri acara temu alumni kita akan mendapat informasi lebih banyak dari teman-teman kita.
  5. Menjadi ajang untuk bakti sosial, penggalangan dana, hingga seminar. Ajang temu alumni banyak dimanfaatkan oleh para anggotanya untuk melakukan hal yang positif, seperti penggalangan dana untuk amal, melaksanakan seminar-seminar, bakti sosial dan lain-lain.

Ketua Perwakilan Alumni Magister Ilmu Hukum, Zainal Abidin, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi menyambung silaturahmi, kita sebagai almamater sangat bangga dengan Fakultas Hukum Undip dimana-mana diakui, contohnya alumni Undip ada di Setneg, Kepolisian, Kejaksaan, Notaris, Dosen dan lainnya, semoga alumni bisa berprofesi dimana-mana, diterima di masyarakat dan di butuhkan oleh birokrat. Mari kita bangun alumni untuk membuat opini dan membuat kritik konstruktif terhadap pemerintahan. Semoga saja Ikatan Alumni Magister Ilmu Hukum selalu terdepan.

Demisioner Pengurus Ikatan Mahasiswa Alumni Magister Ilmu Hukum (IMAMIH), Ufran, dosen di Fakultas Hukum Universitas Mataram, awalnya IMAMIH terbentuk tahun 2004, ketua sebelum saya yaitu Saharjo, notaris di Lombok sekarang. Saya berharap agar struktur kepengurusan baru dengan nama IKAMIH ini nantinya bisa lebih terstruktur melalui sistem online, kartu alumni, hingga data-data alumni bisa terkonversi dengan baik di website alumni secara baik dan terupdate.

Pada kegiatan ini, diadakan pemilihan untuk memilih Kepengurusan Ikatan Alumni Magister Ilmu Hukum (IKAMIH) Periode 2018-2020 Undip :

Ketua Umum : Nurul Huda

Sekretaris I : Kurniawan

Sekretaris II : Akbar Ramadhan

Bendahara I : Novi

Bendahara II : Anggraini Rahma

Korwil Riau : Akbar Ramadhan

Korwil Aceh : Andi Khadafi

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY