Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Sutarmidji, Saat Berdialog Dengan Pedagang Pasar Pulau Tayan (Foto: Elf)
Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Sutarmidji, Saat Berdialog Dengan Pedagang Pasar Pulau Tayan (Foto: Elf)

Sinergi dengan Pemerintah Kabupaten/kota

KalbarOnline, Sanggau – Pedagang di Pasar Pulau, Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau mengeluhkan belum adanya lokalisasi pasar yang terpusat sehingga para pedagang masih seenaknya berjualan di pinggir jalan.

Keluhan diungkapkan para pedagang kepada Calon Gubernur Kalimantan Barat nomot urut 3 (tiga), Sutarmidji yang kebetulan singgah selepas memberikan tausiyah di Masjid Shirotol Mustaqim, Kamis (19/4).

Pasar Pulau merupakan pasar tertua yang ada di Tayan Hilir, lokasinya berdekatan dengan sungai. Jika dilihat dari bangunan sudah tertata rapi dengan akses jalan yang besar.

Tamimah (60) pedagang ayam saat ditemui mengeluhkan para pedagang lain yang berjualan di pinggir jalan sehingga merugikan para pedagang yang ada di dalam pasar.

“Jualannya di pinggir jalan, jadi kami yang didalam tidak didatangi pembeli,” keluhnya.

Dikatakan Tamimah, harusnya para pedagang dikumpulkan di satu tempat sehingga para pedagang bisa berjualan bersama dan pembeli pun terpusat di tempat tersebut.

“Jangan seperti sekarang, pedagang mencar dimana-mana, yang rugi kami yang berjualan di dalam,” kata Tamimah.

Senada dengan Tamimah, seorang pedagang sayur, Asmawati (45) mengeluhkan hal sama. Selain pedagang yang semerawut, Asmawati juga mengeluhkan harga tidak merata antar para pedagang.

“Ada yang jual murah, sehingga dagangan kami dianggap mahal dan tidak laku,” ujarnya.

Menurut Asmawati harga yang dia patok sebenarnya sudah menyesuaikan dengan daya beli masyarakat Tayan Hilir hanya saja dengan adanya pedagang yang menjual dengan harga pasaran sehingga banyak para pedagang lain yang dirugikan.

“Kami berharap jika Midji – Norsan terpilih akan membantu para pedagang di pasar Pulau ini. Para pedagang dipusatkan pada satu lokasi agar rapi termasuk juga penertiban harga jual,” harap Tamimah dan Asmawati.

Ditanya sosok Sutarmidji, Tamimah maupun Asmawati mengatakan Sutarmidji merupakan sosok yang dapat mengatasi semua masalah pasar. Tamimah mencontohkan Pasar Tengah yang ada di Kota Pontianak.

“Seperti Pasar Tengah di Pontianak, pak Sutarmidji berhasil merapikannya. Kami juga ingin seperti itu,” harapnya.

Menanggapi keluhan pedagang di Pasar Pulau, Sutarmidji menegaskan komitmennya jika terpilih nanti akan bersinergi dengan pemerintah Kabupaten untuk menata ulang pasar tersebut.

“Tentu kami akan bersinergi dengan Bupati Sanggau terpilih untuk penataan pasar pulau tersebut sehingga keluhan para pedagang dapat diatasi,” jelasnya.

Tak hanya pasar di Tayan, Sutarmidji menegaskan bahwa Midji – Norsan komitmen membenahi pasar se – Kalimantan Barat.

Menurutnya, dengan penataan pasar tradisional yang rapi dan bersih akan menjadi daya tarik bagi pembeli yang akan belanja di Pasar tersebut.

“Pasar tradisional harus ditata rapi dan harus bersih, jalan masuk harus diperbaiki. Semuanya pasar tradisional harus menjadi daya tarik dan sumber perekonomian disetiap Kota dan Kabupaten Kalimantan Barat. Nantinya ini akan menarik minat pembeli atau konsumen yang berbelanja. Sehingga akan meningkatkan ekonomi masyarakat Kalbar,” tandasnya. (Elf)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY