Ilustrasi Barang Pokok (Foto: Ist)
Ilustrasi Barang Pokok (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Rapat koordinasi (Rakor) daerah stabilitas harga dan stok barang kebutuhan pokok jelang puasa dan lebaran digelar di Pontianak, Kamis (3/5). Rapat koordinasi tersebut dibuka langsung Staf Ahli Bidang Perekonomian Provinsi Kalbar, Ana Veridiana Iman Kalis.

“Rakor ini digelar sebagai upaya utuk menjaga stabilitas stok dan harga barang. Terlebih jika terjadi lonjakan permintaan,” ujar Staf Ahli Bidang Perekonomian Provinsi Kalbar, Ana Veridiana Iman Kalis.

Hal itu, kata dia, juga untuk mencegah terjadinya penimbunan barang. Sebab, bila terjadi penimbunaan tentunya akan berdampak pada kelangkaan barang.

“Sehingga ketersediaan stok barang kebutuhan pokok tetap terjaga dan stabil. Bagaimana distribusi barang juga lancar,” ucapnya.

Untuk itu, ia berharap, instansi terkait dapat meminitor ketersediaan barang. Selain itu, kata dia, untuk koordinasi mengenai perkembangan dan stok ketersediaan barang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria mengatakan, saat ini khususnya di Kabupaten Sekadau stok barang masih aman. Ia mengatakan, direncanakan dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait serta pelaku usaha.

“Terutama untuk kesiapan dan stok barang. Diupayakan agar tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga yang tinggi di pasar. Kalau stok cukup,” pungkasnya.

Rakor tesebut juga dihadiri Sekjen Kementerian Perdagangan, Bupati dan Walikota se Kalimantan Barat serta pelaku usaha dan distributor di Kalbar. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY