Asisten Administrasi Umum Setda Sintang, Marchues Afen Foto Bersama Usai Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Anggota Paskibaraka Sintang Tahun 2017 (Foto: Sg/Hms)
Asisten Administrasi Umum Setda Sintang, Marchues Afen Foto Bersama Usai Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Anggota Paskibaraka Sintang Tahun 2017 (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Sintang, Marchues Afen membuka pelaksanaan pendidikan dan pelatihan anggota Paskibaraka Kabupaten Sintang Tahun 2017 di Cadika, Sabtu, (29/7).

Sebanyak 34 pelajar kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta di Kabupaten Sintang yang terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Sang Saka (Paskibraka) Merah Putih mulai melakukan pendidikan dan latihan pelaksanaan pengibaran bendera merah putih serta ilmu pengetahuan yang lainnya. Sebelum mulai dilakukan pendidikan dan pelatihan, seluruh anggota paskibra Kabupaten Sintang tahun 2017 di motivasi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Sintang.

Marchues Afen menyampaikan bahwa pelatihan dan pendidikan harus dilaksanakan untuk mempersiapkan anggota paskibraka untuk mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik HUT Proklamasi Republik Indonesia yang ke 72 Tahun 2017.

“Tidak hanya untuk menyiapkan seluruh anggota Paskibraka dalam melaksanakan tugas pengibaran bendera saja, terapi saya berharap anak-anak muda yang sudah terpilih menjadi anggota Paskibraka untuk memiliki syarat menjadi generasi muda yang memiliki kualitas dan berintegritas tinggi. Saat ini bangsa Indonesia membutuhkan generasi muda yang memiliki keahlian dan intelektualitas yang tinggi yang harus diperoleh melalui dunia pendidikan,” harap Marchues Afen.

“Selain itu, kita juga memerlukan generasi muda yang memiliki karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional yang diperoleh melalui pengalaman berorganisasi dan dalam lingkungan masyarakat. Kita juga perlu kaum muda yang peka dan kritis terhadap lingkungan sekitarnya. Nah, pendidikan dan latihan ini dilaksanakan untuk mencapai tiga karakteristik kaum muda tersebut,” terang Marchues Afen.

“Dengan demikian pendidikan dan latihan ini, tidak semata-mata menyiapkan anggota paskibraka untuk mengibarkan sang saka merah putih saja, tetapi ada ilmu yang diperoleh selama diklat berlangsung. Untuk itu, saya berpesan supaya seluruh anggota Paskibraka serius mengikuti diklat ini. Siapkan fisik dan mental yang baik, sampai akhirnya bisa menjalankan tugas saat pengibaran bendera merah putih 17 Agustus 2017 mendatang dan kalian bisa menjadi anak muda yang disiplin dan bertanggungjawab,” tambah Marchues Afen.

Sementara Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang dalam laporannya yang disampaikan Kabid Pemuda, H Junaidi menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan anggota Paskibraka, mendapatkan anggota paskibraka yang cinta tanah air dan bela negara serta menumbuhkan jiwa kebangsaan yang kuat.

“Diklat ini untuk menghasilkan anggota paskibraka yang mampu menaikan dan menurunkan bendera merah putih dengan lancar dan baik. Diklat akan dilaksanakan selama 20 hari mulai 29 Juli sampai 18 Agustus 2017. Materi diklat seperti latihan fisik 30%, parade dan peraturan baris berbaris 60% dan pengetahuan umum 10%. Kami sudah melakukan seleksi terhadap 214 orang peserta dan lulus sebanyak 34 orang peserta yang akan mengikuti diklat ini. Dari 34 orang tersebut, ada 20 orang putra dan 11 orang putri merupakan anggota Paskibraka Kabupaten Sintang sedangkan dua orang putri dan satu orang putra lulus seleksi sebagai anggota Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Barat,” terang H Junaidi.

Selama 20 hari pelaksanaan pendidikan dan latihan, 34 orang peserta akan dilatih, dibina, dan didampingi oleh empat orang pelatih yakni Pelda Sugiono dari Minvetcad XII-29 Sintang, Serda Masropi dari Korem 121 ABW, Aipda Suparno dari Polres Sintang, Bripka Edwin Irwandi J dari Brimob Sintang dan Syarif Fadli Kurniawan, ST dari PD PPI Kabupaten Sintang.

Pembukaan pendidikan dan pelatihan bagi anggota Paskibraka Kabupaten Sintang Tahun 2017 ditandai dengan pengalungan tanda peserta.

Hadir pada pembukaan diklat adalah pengurus dan anggota purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Sintang, orangtua anggota paskibraka, para pelatih, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan dan jajaran Disporapar Kabupaten Sintang. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY