Presiden RI, Joko Widodo Saat Memberikan Sambutannya Pada Peresmian PLBN Badau (Foto: Ishaq)
Presiden RI, Joko Widodo Saat Memberikan Sambutannya Pada Peresmian PLBN Badau (Foto: Ishaq)

Stop Penyelundupan di Perbatasan

KalbarOnline, Kapuas Hulu Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo pada peresmian PLBN Badau Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat mengatakan bahwa untuk membangkitkan ekonomi di wilayah perbatasan adalah tugas bersama, ekspor dan impor diintegrasikan dengan PLBN Badau.

Selain itu ia juga meminta apapun jenis barang selundupan semuanya harus bisa dihentikan.

“Setiap orang yang masuk di perbatasan ini, harus legal (resmi), agar jelas pemasukan untuk negara, supaya rakyat juga bisa menikmati hasilnya,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Kamis (16/3) kemarin.

“Perbatasan ini bisa dikembangkan sebagai pusat ekonomi yang baru, dan zona pendukung juga harus dapat dikembangkam untuk zona barang maupun penumpang serta pusat perdagangan atau pasar modern,” ucapnya.

Presiden Jokowi berharap, dengan adanya PLBN ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah perbatasan.

“Saya juga meminta kepada Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PU-PR) untuk membangun pasar modern di PLBN Badau ini. Sehingga, pasar kita tidak kalah dengan pasar di negara tetangga kita,” pinta Presiden.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat, Drs Cornelis, MH mewakili rakyat Kalimantan Barat, sangat mengapresiasi atas kesediaan Presiden Jokowi yang langsung hadir untuk meresmikan PLBN Terpadu Nanga Badau ini.

“Sebab sudah sangat lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kapuas Hulu,” tuturnya singkat.

Peresmian PLBN Badau dihadiri ibu Negara Hj Iriana Jokowi, Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Menteri Pertanian, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, Menteri Sekretaris Kabinet, Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat, Juru Bicara Presiden, Pangdam XII TPR, Kapolda Kalbar, Kasdam XII TPR, Danrem 121, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, SH, Dandim 1206, Kapolres, Kepala Instansi vertikal, Ketua Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kapuas Hulu, Setda, Kepala SKPD, Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya yang turut hadir.

Presiden pada kesempatan yang sama juga membagikan Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat serta buku tulis kepada masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY