Panitia Pembentukan FAD Kabupaten Sekadau dan Pengurus FAD Sekadau Foto Bersama Usai Pembentukan Organisasi Anak Tersebut, Tampak Hadir Pjs Sekda Sekadau, Adrianto Gondokusumo (Foto: Mus)
Panitia Pembentukan FAD Kabupaten Sekadau dan Pengurus FAD Sekadau Foto Bersama Usai Pembentukan Organisasi Anak Tersebut, Tampak Hadir Pjs Sekda Sekadau, Adrianto Gondokusumo (Foto: Mus)

Adrianto: Harapannya Tentu Melalui Aksinya FAD Nanti

KalbarOnline, Sekadau – Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan potensi dan bakat anak. Hal itulah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau melalui pembentukan Forum Anak Daerah Kabupaten Sekadau, yang dilaksanakan di aula Hotel Multi, Kota Sekadau, Rabu (19/4).

Pjs Sekda Kabupaten Sekadau, Adrianto Gondokusumo menuturkan bahwa Forum Anak Daerah (FAD) merupakan organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah partisipasi bagi anak yang belum berusia 18 tahun.

“Ini sangat positif sekali. Ini menjadi wadah untuk anak-anak bergabung dalam organisasi, selain itu bisa menyalurkan bakat dan juga belajar berorganisasi,” ujarnya saat ditemui usai kegiatan tersebut.

Pengalaman itu nantinya, kata Adrianto, bisa dibawa anak-anak tersebut masuk di dunia kerja. Sebab, kata dia, mereka sudah terbiasa berorganisasi sehingga bisa belajar juga menjadi calon pemimpin.

“Mereka yang ikut ini dari tujuh kecamatan. Harapannya tentu mereka bisa membagi ilmunya kepada teman-temannya di sekolah, misalnya ada kegiatan ekstrakurikuler,” timpalnya.

Adrianto juga berharap, organisasi itu tidak hanya menjadi organisasi papan nama saja tapi benar-benar bermanfaat. Sebab, menurutnya banyak organisasi yang hanya papan nama tapi tidak ada actionnya.

“Harapannya tentunya actionnya itu,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau Suhardi mengatakan bahwa anak juga memiliki hak salah satunya berpartisipasi un tuk mengemukakan dan didengar pendapat atau partisipasinya.

“Forum anak ini juga sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunaan. Fasilitasinya dulakukan secara berjenjang, baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten,” tuturnya.

Hal itu, kata Suhardi, untuk mendorong anak aktif mengembangkan diri sesuai potensi, minat, bakat dan kemampuannya. Ia pun berharap kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan sekaligus masukan-masukan yang inovatif, kreatif dan konstruktif.

“Tentunya hal itu untuk pengembangan pembangunan di Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau Andri Irawan, Pabung Kodim 1204/Sanggau dan jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sekadau. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY