Sekretaris Panitia Festival Anak, Utin Lailatul Qadariah (Foto: Ishaq)
Sekretaris Panitia Festival Anak, Utin Lailatul Qadariah (Foto: Ishaq)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sekretaris panitia festival anak, Utin Lailatul Qadariah, S.Pd.SD mengatakan bahwa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Menarin, Desa Menarin, Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, pada 22 April 2017 mendatang, akan menyelenggarakan berbagai perlombaan maupun festival anak se Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (17/4).

Dikatakan Utin, berbagai macam jenis lomba tersebut diantaranya adalah lomba Peragaan Busana Adat Nusantara atau lomba Peragaan Busana Profesi/Pekerjaan, lomba Menulis Puisi atau Pantun, lomba Menulis Cerita Pendek (Cerpen) dan lomba Melukis.

Utin menjelaskan, untuk kategori lomba peragaan busana Adat Nusantara atau lomba peragaan busana profesi/pekerjaan, peserta lomba diwajibkan memakai pakaian seragam TNI/Polri, seragam PNS, seragam Pegawai Rumah Sakit (Dokter atau Perawat) serta pakaian pekerjaan masyarakat (Petani,Nelayan dan lain-lain).

Untuk kategori lomba menulis Puisi minimal 8 (delapan) baris dan Pantun minimal tiga Pantun. Alat tulis dan peralatan lainnya akan disediakan oleh panitia.

“Sedangkan untuk kategori lomba menulis Cerita Pendek, minimal 150 kata dan tiga paragraf, alat tulis serta peralatan lainnya disediakan oleh panitia. Untuk kategori terakhir yakni lomba melukis, kertas dan gambar disediakan oleh panitia, namun pewarna disediakan oleh masing-masing peserta,” paparnya.

Sedangkan untuk kategori peserta yang mengikuti lomba minimal kelas 1 SD dan maksimal kelas 5 SD. Masing-masing cabang lomba diikuti sebanyak dua orang peserta dan dua orang pendamping.

“Untuk pendaftaran peserta lomba dilakukan pada hari kegiatan yakni pada hari Sabtu tanggal 22 April 2017 mendatang,” jelasnya.

Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk melihat potensi bakat yang ada pada anak-anak, selain itu juga agar kreatifitas anak dapat tumbuh dan dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjauhkan anak dari nilai-nilai pergaulan lingkungan negatif.

Lebih lanjut Utin mengatakan bahwa lomba FAKM ini rencananya akan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi.

“Selasa (18/4/2017) rencana kami akan berkoordinasi lagi dengan Kepala Disdikbud Kapuas Hulu untuk memastikan kesiapannya pada acara tersebut,” ungkapnya.

Dirinya berharap, agar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Hulu berkenan hadir untuk membuka acara yang sangat positif ini.

“Semoga kegiatan nanti dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan pula kepada orang tua yang mengetahui potensi anaknya,” pungkas Utin. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY