Satar Harapkan Pemkot Jalin Kerjasama Dengan Polresta Dalam Pembinaan Napi

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak diharapkan menjalin kerjasama dengan Polresta Pontianak guna membina dan memberikan peluang bagi para narapidana agar lebih produktif usai keluar dari tahanan.

“Kebanyakan mereka yang kambuhan (residivis) ini, mengulangi lagi karena tidak ada pekerjaan lain, atau karena lingkungan. Kalau ada pembinaan, mereka punya keterampilan, pekerjaan, mereka punya bekal,” ujar Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin.

Menurutnya, jalinan kerjasama ini penting lantaran khususnya di Kota Pontianak lantaran banyaknya residivis yang kembali melakukan kejahatan lagi.

“Oleh sebab itu, jika saat berada di tahanan mereka sudah dibekali dengan keterampilan dan keahlian ke arah yag positif, ditambah jika disupport setelah keluar tahanan, diyakini mereka tidak akan kembali ke lubang yang sama,” terangnya.

Ia mengatakan, faktor ekonomi, menjadi penyebab utama dari tindakan melawan hukum. Jika urusan kebutuhan dasar mereka terpenuhi maka  dengan pendekatan agama, pasti bisa diubah kebiasaan buruk tersebut.

Permasalahan kriminal katanya akan semakin kompleks seiring perkembangan kota. Kota Pontianak yang terus berkembang pesat, mau tidak mau harus menerima konsekuensi tersebut.

“Keterampilan penting, agar mereka bukannya menunggu lapangan pekerjaan, tapi justru membikin. Bukan tidak mungkin nantinya malah bisa menerima mantan residivis lain. Kalau sudah ada, bukan tidak mungkin nanti bisa merekrut yang lain. Ada peningkatan taraf hidup dan mengubah pola hidup mereka. Seiring ini nantinya lingkungan ikut berubah,” tuturnya.

Dirinya merasa prihatin, hampir setiap hari ada saja berita kriminal menghiasi media massa. Seringkali persoalan ekonomi selalu menjadi penyebab utama.

“Mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atas dasar itulah dia berinisiatif mengusulkan pembinaan bersama Polresta dan Pemkot Pontianak. Tugas kita bersama membekali mereka dengan keterampilan yang baik karena mereka juga memiliki potensi,” tandasnya.

(Berita ini sudah terbit di Gencil.news / Bina Residivis Dengan Keterampilan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here