Bupati Sampaikan Rancangan Perubahan APBD Kapuas Hulu 2017 Kepada DPRD (Foto: Ist)
Bupati Sampaikan Rancangan Perubahan APBD Kapuas Hulu 2017 Kepada DPRD (Foto: Ist)

Bupati Sampaikan Rancangan Perubahan APBD Kapuas Hulu 2017 Kepada DPRD

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir menyatakan bahwa dirinya telah menyampaikan nota keuangan tentang rancangan perubahan APBD Kapuas Hulu tahun anggaran 2017 kepada DPRD Kapuas Hulu.

Dimana penyusunan rancangan perubahan APBD tersebut, dilakukan dalam kondisi keuangan negara yang masih belum stabil.

“Namun demikian pemerintah daerah dituntut untuk mengalokasi anggaran cukup besar, guna membiayai usulan prioritas dari SKPD, serta prioritas lainnya yang diakibatkan adanya kebijakan dari pemerintah pusat,” ungkapnya belum lama ini.

Maka dari itu, lanjut Bupati, dalam penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2017, dilakukan penyesuaian rencana pendapatan, baik yang berasal dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi, serta pembiayaan yang dianggarkan dalam APBD murni tahun anggaran 2017.

“Tujuannya adalah agar target pendapatan daerah yang digunakan untuk membiayai program dan kegiatan pada perubahan APBD tahun anggaran 2017, supaya dapat terealisasi sesuai dengan kondisi yang ada,” tuturnya.

Selain itu juga, Bupati mengatakan bahwa pada rancangan anggaran belanja dilakukan evaluasi terhadap penganggaran dan realisasi yang telah tercapai pada semester pertama, baik untuk belanja tidak langsung maupun belanja langsung.

“Tidak kalah penting penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2017, telah berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang landasan hukum seperti, Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2015, tentang pengelolaan keuangan daerah, dan Peraturan Presiden nomor 97 tahun 2017, tentang rincian APBN tahun anggaran 2017, sebagaimana telah diubah dengan nomor 86 tahun 2017,” pungkasnya. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY