Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Dusun Kapuas Bersih-bersih Kampung (Foto: Mus)
Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Dusun Kapuas Bersih-bersih Kampung (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Warga Dusun Kapuas melakukan gotong royong membersihkan bantaran Sungai Kapuas dan Areal pemakaman Muslim di Dusun Kapuas, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Jumat (4/5).

Gotong royong tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Warga Dusun Kapuas, Yudhi menuturkan, menjelang Bulan Suci Ramadhan warga Dusun Kapuas rutin melakukan gotong royong.

“Mengingat masyarakat Dusun Kapuas ataupun warga di luar Dusun Kapuas pada saat memasuki bulan puasa banyak yang berziarah kesini,” ungkap Yudhi pada awak media.

“Setelah gotong royong di surau dan masjid, dilakukan di area pemakaman, agar area pemakaman tidak kumuh,” kata Yudhi.

Abdullah atau kakek/Ayi Uteh Dolah tokoh masyarakat Kampung Longkam, menambahkan bahwa bulan puasa tinggal menghitung hari.

“Jadi kita perlu membersihkan tempat-tempat ibadah seperti Surau dan tak kecuali area pemakaman. Menginggat banyak orang yang berdatangan jadi tidak elok kalau area pemakaman kumuh,” jelasnya.

Beberapa warga antusias dalam kegiatan gotong royong, mereka menggunakan alat seadanya seperti sabit, cangkul, sekop, dan mesin pembabat rumput.

Sementara diungkap Dedi warga Longkam yang ikut dalam gotong royong mengharapkan kegiatan ini terus dilakukan setiap menyambut bulan suci ramadhan.

Terutama masyarakat yang memiliki sanak keluarga agar bisa melakukan pembersihan minimal diarea pemakaman. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY