Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Dalam Sambutannya Saat Menghadiri Houl Raja Kerta Moelia ke - 80 (Foto: Ian/Hms)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Dalam Sambutannya Saat Menghadiri Houl Raja Kerta Moelia ke - 80 (Foto: Ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya Rusman Ali tercatat oleh Keraton Kerajaan Kerta Moelia Teluk Pakedai sebagai Bupati Pertama dalam sejarah Kerta Moelia yang menghadiri Houl Raja Kerta Moelia Sy. Zen Bin Sy. Ismail di parit Bujur Desa Tanjung Bunga Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya.

Hal itu disampaikan oleh Sy. Syahril Bin Sy. Usman Bin Sy. Abbas Raja Kubu ke-Enam Bin Hasan Bin Abdurrahman Bin Idrus Raja Kubu Pertama. Syahril menjelaskan bahwa Rusman Ali adalah Bupati pertama yang menghadiri Houl di Kerajaan Kerta Moelia. Sepanjang 80 tahun pelaksanaan Houl Raja Kerta Moelia dilaksanakan.

Syahril sangat mengapresiasi dan sangat bangga dengan Bupati Kubu Raya Rusman Ali atas perhatian dan dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan Kebudayaan di Kubu Raya. Menurutnya kehadiran Rusman Ali dalam acara Houl tersebut membuktikan bahwa betapa Rusman Ali sangat peduli dengan masyarakatnya.

“Kami sangat bangga dengan pak Haji Rusman Ali, dalam catatan sejarah Kerta Moelia, beliau adalah Bupati pertama yang menghadiri Houl Raja Kerta Moelia yang pada tahun ini adalah Houl yang ke-80 kali. Kami juga bangga sebab beliau sangat peduli dengan kegiatan-kegiatan kebudayaan yang ada di masyarakat. Ini contoh bahwa pemimpinnya merakyat dan selalu mengerti dengan kebutuhan rakyatnya,” ujar Syahril, Jumat (24/3) kemarin.

Syahril dan seluruh kerabat kerajaan Kerta Moelia mengharapkan ditahun-tahun yang akan datang dengan dukungan pemerintah Kubu Raya, Houl serupa dapat dilaksanakan di Kraton Kerta Moelia, sehingga masyarakat dapat sekaligus berziarah ke makam raja pertama yang ada di sekitar kraton.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan bahwa Houl merupakan ajang silaturahmi sekaligus untuk mengenang segala perjuangan para pendahulu termasuk di Kerajaan Kerta Moelia.

“Ini sangat baik sekali, ini salah satu cara kita untuk mengenang perjuangan pendahulu kita dengan mendoakannya dalam acara Houl. Sekaligus kita memberikan edukasi kepada generasi kita bahwa sejarah telah mencatat kerajaan Kerta Moelia dan ini adalah bagian dari cikal bakal dari peradaban masyarakat Teluk Pakedai hingga Sungai Kakakap termasuklah nenek moyang saya, karena saya dari Sungai Rengas,” imbuh Bupati Rusman Ali. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY