RSPO (Foto: Ist)
RSPO (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka memperluas pemahaman mengenai nilai-nilai keberlanjutan dalam industri kelapa sawit pada para pemangku kepentingan di industri kelapa sawit, The Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) kembali menyelenggarakan program seminar bertajuk ‘Sehari Lebih Dekat dengan RSPO’.

Sekilas mengenai RSPO

RSPO merupakan sebuah organisasi internasional nirlaba berbasis keanggotaan yang menyatukan berbagai macam pemangku kepentingan dari 7 sektor di dalam industri minyak sawit: produsen kelapa sawit, pengolah atau pedagang, manufaktur produk konsumen, pengecer atau riteler, bank/investor, dan LSM sosial dan lingkungan, untuk mempromosikan pertumbuhan dan penggunaan minyak sawit berkelanjutan melalui kerja sama di sepanjang rantai pasokan dan dialog terbuka antar para pemangku kepentingan.

Adapun rangkaian seminar tersebut yakni diantaranya, Diskusi Panel: “Memperkuat Keberlanjutan Rantai Pasok Sawit Indonesia” yang menghadirkan narasumber dari beberapa perwakilan pemangku kepentingan di industri kelapa sawit, diikuti dengan sosialisasi tentang RSPO yang meliputi aspek teknis, informasi pasar sawit dan sistem pengaduan yang ada di RSPO yang akan diselenggarakan di Hotel Grand Tulip, Pontianak, Selasa, 13 Maret 2018.

Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Barat, Group Manager KUD Tani Subur (Kelompok pekebun kecil bersertifikat RSPO), Bpk. Sutiyana, Cargill Incorporated, Direktur Eksekutif LinkAR Borneo, Bpk. Agus Sutomo, RSPO Country Director, Indonesia Operations, Ibu Tiur Rumondang.

Selain diskusi panel, seminar tersebut juga akan dilaksanakan Sesi Klinik RSPO mengenai Petani Kelapa Sawit. Sesi khusus yang mengupas aspek terkait keterlibatan petani kelapa sawit dalam skema sertifikasi berkelanjutan. (Ist)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY