Respon Kendala Petani, Bupati Instruksikan Dinas Pertanian Turun Lapangan (Foto: ian/Hms)
Respon Kendala Petani, Bupati Instruksikan Dinas Pertanian Turun Lapangan (Foto: ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Dampak dari perubahan cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu, membawa dampak terhadap pertanian khususnya di Kubu Raya seperti serangan hama dan penyakit terhadap jenis tanaman padi dan yang lainnya.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Kubu Raya Rusman Ali meminta instansi terkait agar dapat segera menangani dan mendampingi petani dalam mengendalikan hama dan penyakit tanaman khususnya tanaman padi.

Rusman Ali juga meminta agar para petani dapat dengan segera melaporkan persoalan-persoalan yang dihadapi para petani kepada penyuluh lapangan dan Dinas Pertanian Kubu Raya.

“Perubahan cuaca saat ini tentu membawa dampak terhadap pertanian kita. Kita menyadari bahwa sampai saat ini kita masih menjadi penyuplai beras terbesar kedua di Kalimantan Barat. Namun kita akan terus melakukan peningkatan produksi pertanian kita. Terkait serangan hama pada pertanian kita, saya sudah meminta dinas terkait untuk segera turun kelapangan dan dampingi para petani kita, untuk mengatasi persoalan serangan hama pada pertanian kita,” ujarnya, Jumat (2/3).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya, Gandhi Satyagraha langsung turun ke lapangan melakukan penelitian terhadap serangan hama terhadap tanaman padi di Kecamatan Batu Ampar. Didampingi oleh Bidang Pengendali Hama dan Penyakit Tanaman Dinas Pertanian Kubu Raya, melakukan pengecekan terhadap jenis serangan hama pada tanaman padi di sejumlah tempat di Kubu Raya.

Dalam kunjungannya, Gandhi mengatakan bahwa pihaknya langsung menindaklanjuti perintah dari Bupati Kubu Raya terkait dengan laporan dari petani. Pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pendampingan terhadap para petani di Kubu Raya.

“Kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat kita. Ini juga merupakan keinginan pak Bupati kita agar setiap dinas memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan bermanfaat kepada masyarakat kita. Program dapat tepat sasaran, tepat waktu dan tepat guna,” jelas Gandhi. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY