Daerah Perbatasan Merupakan Wajah dan Kebanggaan Bangsa

KalbarOnline, Sintang – Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, mendadak heboh. Bagaimana tidak, desa yang terletak dijalan poros paralel perbatasan tersebut dipadati dengan masyarakat yang akan menyaksikan proses peresmian Gedung Kantor Camat Senaning Kecamatan Ketungau Hulu yang baru, peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti, pemukulan gong yang dilakukan langsung oleh Bupati Sintang, dan pengguntingan pita pintu masuk gedung oleh Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Sabtu (4/6).

Peresmian Kantor Camat, Peresmian Istalasi Pengolahan Air 10liter/detik, dan peresmian SMKN 1 Ketungau Hulu yang dipusatkan di Kantor Camat Ketungau Tengah yang berada di Desa Sungai Pisau ini yang dilakukan oleh Bupati Sintang, dengan dihadiri oleh Ketua DPRD, Forkopimda, pimpinan SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, para anggota DPRD Kabupaten Sintang.

Sebelum melakukan peresmian, Bupati Sintang memberikan sambutan dihadapan para Kepala Desa, BPD, jajaran forkopimcam, dan para masyarakat, Jarot Winarno mengatakan, bahwa hari ini dalam kunjungan kerja di Ketungau Hulu ini menjadi sasaran dalam prime over pembangunan kami, dimana salah satu poin penting yang di terapkan adalah, menata pembangunan dari pedalaman, dari desa yang tertinggal, membangun dari pinggiran, berikan fokus di daaerah perbatasan.

“Hal ini untuk menunjukan komitmen kami selaku pemimpin di Kabupaten Sintang apa saja yang harus dikerjakan dalam pembangunan tersebut, contoh memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, melalui infrastruktur dasar pembangunan kantor camat ini, kemudian memberikan fasilitas air bersih dimana dengan adanya kehadiran Instalasi Pengolahan Air 10 liter/detik, sehingga semua akan menjadi perhatian khusus untuk membangun wilayah di perbatasan ini,” ujar Jarot.

“Selain itu, konsep dasar dalam kebutuhan masyarakat sehari-hari adalah menginginkan adanya air bersih untuk  masyarakat, maka dari itu Instalasi Pengolahan Air dengan berkapasitas 10 liter/detik ini dapat menjangkau kerumah-rumah masyarakat yang ada di Kecamatan Ketungau Hulu ini, berdasarkan data yang diperoleh air bersih untuk di Kabupaten Sintang hanya mencapai 5,4 persen, sehingga ini menjadi prioritas bagi pemerintah untuk memberikan pelayaanan yang lebih efektif lagi kepada masyarakat dalam halnya menanggapi air bersih,” ungkapnya.

Dari segi pendidikan, lanjut Jarot, tentunya ia sangat memperhatikan di sektor pendidikan, karena pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi anak-anak, dapat memberikan dampak positif, berkontribusi nyata terhadap pembangunan bangsa dan Negara khususnya di Kabupaten Sintang, dan tentunya dengan berdirinya SMKN 1 Ketungau Hulu ini diharapkan para siswa nantinya harus tetap bersemangat untuk bersekolah.

“Walaupun sekarang bentuknya masih kurang sempurna, nantinya akan kami lakukan penambahakan lokal dan guru, sehingga dapat menunjang proses belajar mengajar yang sangat efektif,” tukasnya.

“Dengan adanya Kantor Camat yang baru ini, diharapkan dapat memberikan dorongan nyata yang kuat bagi para jajaran untuk tetap semangat, untuk  meningkatkan kinerjanya dalam melayani pemerintahan desa, perangkat desa dan masyarakat, harapan saya agar semua pembangunan ini dapat memberikan motivasi tambahan bagi para jajaran yang ada di Kecamatan Ketungau Tengah ini, jagalah dan tertiblah dalam pengurusan tata kelola administrasi keuangan desa, kerjasama saling bersinergi antara BPD, Kepala Desa dan Camat,” pesannya.

Sementara Ketua Panitia, Mardianto mengatakan, pembangunan kantor camat yang baru ini dibangun diatas tanah seluas 4 hektar, tanah ini merupakan hibah dari masyarakat, dibangunnya kantor Camat Ketungau Hulu ini di Desa Sungai Pisau karena ada berbagai factor terutama kantor camat yang baru ini berada di jalan poros paralel perbatasan untuk menunjang perkembangan daerah di Ketungau Hulu yang merupakan wilayah perbatasan antara Indonesia-Malaysia yang berada di Kabupaten Sintang.

“Selain itu untuk meningkatkan perekonomian, meningkatkan laju pertumbuhan yang menjadi kawasan strategis,” ujarnya.

“Pembangunan kantor camat ini dilaksanakan pada akhir bulan Oktober tahun 2009, dengan diatas tanah seluas 4 hektar ini terdapat beberapa bangunan, seperti bangunan Kantor Camat Ketungau Hulu, Gedung Serbaguna terdapat 2 lokal, perumahan bagi staf ada 34 bangunan, Gedung BKB, dan Kantor penyuluh serta Mess Perbatasan,” ungkap Mardianto.

Camat Ketungau Hulu, Gambang mengatakan, diharapkan dengan kehadirannya kantor camat ketungau hulu yang berada di Jalan Poros Paralel perbatasan ini kantor-kantor lainnya agar dibangun didekat kantor camat ini, seperti kantor Polsek, Koramil dan instansi yang ada di kecamatan Ketungau Hulu, mengingat didaerah jalur perbatasan ini merupakan wilayah yang harus dijaga keamanannya, karena berbatasan langsung dengan Negara tetangga.

“Selain itu juga, apa yang dikatakan oleh ketua panitia itu merupakan wujud dari semua apa yang diinginkan oleh masyarakat terutama untuk pengembangan potensi wilayah,” tuturnya.

Usai melakukan beberapa kegiatan di Kantor Camat yang baru, Bupati Sintang bersama rombongan lainnya melakukan kunjungan, melihat situasi kondisi kantor, wilayah yang ada di Ketungau Hulu, seperti memantau pos pamtas Komando Utara, meninjau lokasi  Instalasi Pengolahan Air 10 liter/detik dan beberapa tempat lainnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY