Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Meresmikan PAUD St Antonius Padua (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Meresmikan PAUD St Antonius Padua (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah meresmikan gedung PAUD St. Antonius Padua di Sungai Durian Sintang, belum lama ini.

Bupati dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas selesainya pembangunan gedung tempat pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) milik Kongregasi Serikat Misi Fransiskan St Antonius Sintang.

Orang nomor satu di Bumi Senentang ini menyampaikan bahwa PAUD merupakan pendidikan dasar yang sangat penting dalam pertumbuhan seorang anak. Ia juga mengingatkan tentang keberadaan taman menjadi penting untuk interaksi anak dengan lingkungannya.

“Penyelenggaraan pendidikan ini adalah karya suster rakyat. Sekolah ini akan mendampingi anak-anak pada masa keemasannya,” ujar Bupati.

“Kita bersama jaga 1000 hari pertama kehidupan anak-anak kita, kemudian dijaga juga pada masa keemasannya, 3-6 tahun. Melalui PAUD ini menjadi jembatan antara pendidikan keluarga dan usia sekolah,” timpalnya.

Menurut Bupati, pada umumnya yang diajarkan PAUD adalah disiplin, keteraturan jadi pentingnya hal ini untuk menyongsong masa keemasan bangsa Indonesia di tahun 2045.

“Tentu segala kehendak baik melalui kegiatan kita hari ini diberkati. Gedungnya mungkin kecil tapi karyanya besar karena kelak akan dirasakan di tahun-tahun mendatang,” tukasnya.

Sementara itu, Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM.Cap menyampaikan bahwa keberadaan gedung pendidikan yang diselenggarakan para suster ini menjadi perpanjangan karya Gereja di tengah masyarakat.

Membangun masyarakat yang berkehendak baik berbagai cara. Gereja menjadi sarana keselamatan itu diwujud nyatakan dengan berbagai cara antara lain terbebasnya manusia itu dari kebodohan. Kreativitas harus dibangun sejak dini.

“Kita mendukung sarana pendidikan upaya kita dalam mendidik anak bangsa. Kiranya gedung ini dapat digunakan secara maksimal oleh para suster dan orang tua,” kata Mgr. Samuel.

“Dengan adanya sarana ini kita berharap anak-anak yang didampingi disini akan bertumbuh dewasa secara utuh dan menyeluruh,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Komite PAUD, Edi Susanto menyampaikan terima kasih atas bantuan para donatur.

Kepala PAUD St. Antonius Padua, Sr. Korona menyampaikan kembali terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan kepada pihaknya untuk pembangunan gedung baru tersebut.

Keberadaan gedung ini bertujuan memfasilitasi tingginya kebutuhan orang tua di Sintang untuk menitipkan anak-anaknya. Para orangtua yang baik suami maupun istri sama-sama berkerja.

“PAUD ini berdiri sejak tahun 2004, menggunakan mess guru. Untuk mengurus 111 orang anak ini kami juga meminjam gedung asrama 1 unit untuk kelas taman kanak-kanak,” tukasnya.

Selain gedung sekolah, lingkungan menjadi faktor utama dalam mendampingi anak-anak. Ada kekhawatiran penyelenggara karena adanya genangan limbah dan air yang sangat mudah meluap ketika hujan.

Acara yang disertai gerimis tersebut juga menampilkan berbagai hiburan oleh para murid. Bupati juga melakukan pemotongan pita pada gedung baru PAUD St. Antonius Padua sebagai tanda peresmian.

Turut hadir pada acara ini juga anggota DPRD, Welbertus, sejumlah kepala OPD dan arsitektur yang membuat gambar gedung secara gratis, Eldest Prapaska. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY