Menteri Puspayoga Menandatangani Prasasti Saat Peresmian Ladja Hotel (Foto: Sg/Hms)
Menteri Puspayoga Menandatangani Prasasti Saat Peresmian Ladja Hotel (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meresmikan Ladja Hotel milik Keling Kumang Group (KKG) yang beralamat di Jalan YC Oevang Oeray Kota Sintang, Propinsi Kalimantan Barat, Minggu (13/11/2016).

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti, pelepasan balon dan pemotong pita di pintu masuk utama Ladja Hotel.

Turut hadir dalam Acara peresmian, Bupati Sintang Jarot Winarno, Bupati Sekadau Rupinus, Sekretaris Daerah Sintang, Yosepha Hasnaha, Anggota DPRD Sintang, Kepala SKPD, Forkopimda, Tokoh Masyarakat,  Aktivis dan Anggota CU Keling Kumang.

Dalam sambutanya Menteri Puspayoga mengungkapkan, jalan untuk memberikan pemeratan kesejahteraan kepada masyarakat adalah melalui koperasi, kendati demikian koperasi tersebut harus berkualitas.

Koperasi berkualitas adalah koperasi yang memiliki modal, manajemen yang bagus,  anggota yang terus bertambah dan aktif serta  memiliki online system yang baik.

“contoh nyata koperasi berkualitas adalah Keling Kumang Group,” ujar Menteri Puspayoga.

KKG melalui Koperasi Jasa Ladja Tampun Juah menghadirkan Hotel di kawasan strategis Kota Sintang merupakan bukti koperasi mampu memberikan peningkatan sumbangan ekonomi kepada Negara.

“saya bangga Keling Kumang Group memiliki Hotel yang sangat representatif untuk ukuran di Kabupaten Sintang, ada resto, Aula Pertemuan, Minimarket. ini merupakan salah satu bentuk koperasi yang berkualitas,” ungkapnya lagi.

Ketua Induk Koperasi Usaha Rakyat (INKUR) Munaldus mengatakan Ladja Hotel ini dibagun dari Swadaya Anggota CU KK. Interior hotel ini memasukan nuansa lokal dari Dayak Iban. Hotel ini memiliki 20 kamar dengan 27 tempat tidur,  dielengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Resto, Toko Suvenir, Minimarket, Rooftop dan Aula Pertemuan di Kantor Sentral CU Keling Kumang yang mampu menampung hingga 80 peserta.

“lokasi ini kami sebut Sintang Business Center, yang terdiri dari Kantor CU Keling Kumang, Hotel Ladja, Minimarket k-52, Toko Suvenir dan Resto,” bebernya.

Munaldus menjelaskan, pengunjung hotel juga dapat menyaksikan pemandanan indah Bukit Kelam dari Rooftop Ladja Hotel,

“selain itu di Rooftop juga ada Resto  dan  pengujung juga bisa nonton bolas saat pertandingan,” terangnya

Munaldus juga menerangkan pihaknya (KKG)  berencana me-link-an hotel ini dengan program ekowisata yang saat ini sedang dikembangkan oleh KGG bersama mitranya.  Munaldus mengatakan KKG ingin terlibat melestaikan lingkungan hidup melalui koperasi .

“saat ini masih ada hutan primer yang kami fasilitasi dan kami pertahankan dan itu menjadi ekowisata yang dikembangkan saat ini, contoh di kator pusat CU Kelingkumang, di Desa tapang Sambas, kabupaten Sekadau, kami memiliki sekita 90 hektar hutan primer lengkap dengan flaura dan faunau didalamnya, kemudian di sungai utik kapuas hulu juga dilestarikan sekitar 900 hektar hutan, di Hulu Tempunka juga ada hutan yang dipertahankan tetap asri,” terngnya.

Dikatakan Munaldus yang juga Founder CU Keling Kumang ini, ada empat koperasi yang tergabung dalam Keling Kumang Group, yakni Koperasi Simpan Pinjam CU Keling Kumang, Koperasi Produsen i K-77, Koperasi Konsumen K-52 dan koperasi Jasa Ladja Tampun Juah dibidang Perhotelan.

“Semua unit bisnis yang kami inisiasi tergabung dalam Keling Kumang Group supaya tidak berjalan sendiri-sendiri,” ujarnya.

“Semua koperasi primer ini masuk dalam daftar koperasi gerakan nasional,” pugkasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY