Bupati Sintang, Jarot Winarno Saat Meresmikan Kantor Camat Ketungan Tengah Dengan Ditandai Penandatanganan Prasasti dan Pembukaan Tirai Papan Nama (Foto: Sg)
Bupati Sintang, Jarot Winarno Saat Meresmikan Kantor Camat Ketungan Tengah Dengan Ditandai Penandatanganan Prasasti dan Pembukaan Tirai Papan Nama (Foto: Sg)

KalbarOnline, Sintang – Dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Kecamatan Ketungau Tengah, Bupati Sintang, Jarot Winarno, meresmikan pembangunan gedung Kantor Camat Ketungau Tengah yang baru dengan ditandai penandatanganan prasasti dan pembukaan tirai papan nama Kantor Camat, bertempat di halaman depan Kantor Camat Ketungau Tengah, Selasa (22/8).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, Wakil Ketua DPRD Sintang, Terry Ibrahim dan Sandan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, dan Kepala Bagian Pengelola Perbatasan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang.

Sebelum melakukan peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, Bupati Jarot dalam arahannya mengatakan ada enam prime mover atau program penggerak utama pembangunan Pemerintah Kabupaten Sintang, salah satunya ialah membangun daerah dari pinggiran.

“Dengan demikian baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah bersama-sama membangun wilayah terluar, terdepan dan tertinggal diprioritaskan untuk membangunnya, seperti pusat-pusat pemerintahan yang ada di wilayah Ketungau ini, tepatnya pada Ketungau Tengah,” kata Bupati.

Menurut Bupati, dengan adanya Kantor Camat diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ada kantor baru para pegawai yang ada di Kantor Camat dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, ini motivasi bagi kita semua,” tuturnya.

Bupati menjelaskan bahwa pekerjaan yang sulit akan menjadi mudah kalau dikerjakan secara bersama-sama, dengan kekompakan antara masyarakat dan Pemerintah.

“Saat ini masih dalam rangka kemeriahan HUT ke-72 Republik Indonesia yang mengangkat tema Indonesia Kerja Bersama dengan demikian kita harus saling bersatu padu, bersama-sama, untuk dapat membangun wilayah kita ini,” ungkapnya.

“Saya berpesan kepada semuanya agar kiranya dapat mendukung pemerintah dalam hal pembangunan proyek-proyek yang ada diwilayah kita, seperti kita harus merawatnya, kita jaga benar-benar, bangunan Kantor Camat yang baru ini,” pesan Bupati.

Sementara Camat Ketungau Tengah, Dakun menyampaikan bahwa pengusulan Kantor Camat yang baru sudah diusulkan sejak lama.

“Ini merupakan mimpi kami dalam rangka memperluas bangunan gedung baru Kantor Camat dan dengan ini juga dapat memotivasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Ketungau Tengah,” kata Dakun.

Kepala Bagian Pengelola Perbatasan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Andon mengatakan, pembangunan gedung Kantor Camat Ketungau Tengah ini dibiayai oleh dana Tugas Pembantuan APBN Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri.

“Dengan estimasi biaya Rp1,013 milyar rupiah pada tahun anggaran 2017, dan untuk tahun 2018 akan dianggarkan lagi untuk pembangunan aula Kantor Camat,” kata Andon.

Andon menambahkan pembangunan gedung kantor camat Ketungau Tengah yang baru ini dilaksanakan selama 240 hari, dengan 120 pelaksanaan hari kerja, dan 120 hari pemeliharaan.

“Gedung ini juga memiliki luas lahan bangunan sebesar 300 meter persegi, dengan Panjang 20 meter dan luas 15 meter,” tambahnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY