Presiden Jokowi Saat Memberikan Sambutannya, Pada Peresmian PLBN Aruk, Maret Lalu (Foto: Ist)
Presiden Jokowi Saat Memberikan Sambutannya, Pada Peresmian PLBN Aruk, Maret Lalu (Foto: Ist)

KalbarOnline, Nasional – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Barat pada 19-21 Oktober 2017.

Kunjungan tersebut merupakan yang ke-8 (delapan) kalinya sejak ia dilantik sebagai Presiden pada tahun 2014 lalu. Berikut rangkuman kegiatan kunjungan Jokowi ke Kalbar.

Januari 2015

Kunjungan kerja Jokowi pertama kali dilaksanakan selama dua hari pada 20-21 Januari 2015. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi meresmikan Mesjid Raya Mujahidin di Kota Pontianak pada Selasa, 20 Januari 2015.

Setelah meresmikan Mesjid Raya, Jokowi beserta rombongan kemudian menuju Desa Ngarak, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak. Di sana, ia berdialog dengan petani setempat dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan irigasi di areal persawahan yang ada di desa tersebut.

Hari kedua, Jokowi meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau. Saat itu, ia menyebut kompleks perkantoran di batas negara itu mirip kandang kambing dan berjanji akan membangun PLBN dalam dua tahun.

Selain PLBN Entikong, Jokowi juga memerintahkan kementerian PUPR membangun dua PLBN lainnya, yaitu PLBN Aruk di Kabupaten Sambas dan PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu.

Agustus 2015

Kunjungan kedua Jokowi ke Kalbar dalam rangka peringatan HUT Ke-70 RI yang dikemas dalam rangkaian kegiatan Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Sabtu (22/8/2015).

Karnaval tersebut merupakan kegiatan perdana peringatan ulang tahun Republik Indonesia yang diselenggarakan di luar Jakarta.

Sebelum mengikuti karnaval, Jokowi sempat mengunjungi SMP Negeri 4 di Pontianak Timur untuk membagikan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

Keesokan harinya, Jokowi menyempatkan diri meninjau lokasi bekas kebakaran di Pasar Tengah, yang terbakar hebat pada Jumat (21/8/2015) malam, sesaat setelah Jokowi tiba di Kalbar.

Maret 2016

Pada hari Selasa, 22 Maret 2017, Jokowi meresmikan Jembatan Pak Kasih di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau. Jembatan itu merupakan yang terpanjang di Pulau Kalimantan dan membentang di atas Sungai Kapuas dengan total panjang 1.650 meter.

Pembangunan Jembatan Pak Kasih sudah dimulai sejak September 2012. Jembatan sepanjang 1.650 meter itu terdiri dari dua bentang, yaitu jembatan I sepanjang 430 meter dan jembatan II sepanjang 1.220 meter yang menghubungkan Pulau Tayang yang terletak di tengah Sungai Kapuas.

Konstruksinya dikerjakan oleh perusahaan asal China Road and Bridge Corporation bekerja sama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Total biaya pembuatannya Rp 1,028 triliun.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Kapuas Hulu

Baca Juga: Akhiri Kunker di Kalbar, Presiden Jokowi Akan Meresmikan PLTG MPP Parit Baru

Juni 2016

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan proyek pembangkit listrik mobile power plant (MPP) 4 x 25 megawatt di Desa Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (2/6/2016).

Pembangunan PLTU tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak 8 tahun yang lalu pada masa pemerintahan Presiden SBY dengan kapasitas 2×50 megawatt dan nilai proyek mencapai Rp 1,5 triliun. Namun proyek itu mangkrak di tengah jalan.

Pembangunan MPP 4×25 MW ini merupakan bagian dari program nasional 35.000 MW di sejumlah daerah di Indonesia.

Baca Juga: Wali Kota Pontianak Perkenalkan Aplikasi e – Gencil ke Presiden Jokowi

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Aplikasi Gencil

Oktober 2016

Kabupaten Kayong Utara menjadi salah satu tuan rumah dalam penyelenggaraan Sail Selat Karimata. Puncak kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi pada Sabtu, 15 Oktober 2016 di Pantai Pulau Datok, Sukadana.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga meresmikan Mesjid Oesman Al Khair yang terletak di tepi pantai.

Baca Juga: Ini Agenda Presiden Jokowi Kunjungi Mempawah

Desember 2016

Jokowi kembali menyambangi PLBN Entikong pada Rabu, 21 Desember 2016. Kedatangannya saat itu adalah untuk menepati janji dua tahun sebelumnya yang akan membangun PLBN Entikong. Wajah Entikong pun berubah drastis dan jauh lebih megah dari bangunan dengan fungsi yang sama milik Malaysia di Tebedu, Sarawak.

Maret 2017

Tahun ini, Jokowi kembali melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Kunjungan tersebut rencananya berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 26-18 Maret 2017.

Agenda utama Jokowi kali ini adalah untuk meresmikan dua PLBN, yaitu Badau dan Aruk.

Baca Juga: Resmikan PLBN Badau, Jokowi: Tugas Belum Selesai, Sekarang Bangkitkan Ekonomi

Baca Juga: Seiring Diresmikannya PLBN Badau, Presiden Jokowi Harap

Baca Juga: Resmikan PLBN Aruk, Jokowi: Jangan Hanya Sebatas Dijadikan Kantor

Baca Juga: Seiring Diresmikannya Dua PLBN di Kalbar, Jokowi Harap Ini Momen Pertumbuhan Ekonomi

Baca Juga: Bagikan KIP, KIS, dan PKH, Presiden Jokowi: Kalau Buat Beli Rokok Dicabut

Oktober 2017

Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerjanya ke Kalimantan Barat, 19-21 Oktober 2017.

Presiden dikabarkan akan mengunjungi Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sambas, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Kubu Raya.

(Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY