Suasana Pembukaan Porseni Kecamatan Putussibau Utara (Foto: Ishaq)
Suasana Pembukaan Porseni Kecamatan Putussibau Utara (Foto: Ishaq)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) 2017 tingkat Kecamatan Putussibau Utara, Senin (20/2) kemarin, secara resmi dibuka oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Putussibau Utara Drs Agus Triyono, MAP, yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Gelora Uncak Kapuas Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu.

Acara pembukaan ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu yang mewakili, KUPT Putussibau Utara, Kepala Sekolah beserta guru pembimbing, para peserta serta tamu nundangan yang hadir.

Ketua Panitia Porseni 2017 Kecamatan Putussibau Utara, Sarmin, S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Porseni ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan suasana kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik serta menjaring peserta yang unggul di bidang olahraga dan seni untuk mewakili tim kecamatan pada kompetisi tingkat kabupaten.

“Selain itu, membina generasi muda agar menjadi manusia sehat jasmani dan rohani, mempererat persahabatan sesama pelajar guna membiana persatuan dan kesatuan bangsa serta memperkokoh ketahanan nasional,” tukas Sarmin.

“Peserta Porseni 2017 tingkat Kecamatan Putussibau Utara diikuti seluruh jenjang pendidikan SD/MI dan SMP se Kecamatan Putussibau Utara,” paparnya.

Porseni yang diselenggarakan mulai tanggal 20 sampai dengan 25 Februari 2017 diikuti oleh peserta jenjang SD/MI berjumlah 678 siswa dan SMP berjumlah 576 siswa dengan pendamping berjumlah 300 orang.

“Maka jumlah keseluruhan peserta dan pendamping sebanyak 1.554 orang,” jelasnya.

Sarmin juga menyampaikan bahwa cabang yang dipertandingkan pada Porseni kali ini diantaranya, cabang olahraga Sepak Bola, Bola Volly, Atletik, Sepak Takrauw, Badminton, Tenis Meja dan Catur. Sedangkan cabang seni ada lomba Pidato Bahasa Indonesia, Seni Kriya Anyam, Story Telling, Cipta Puisi dan Seni Baca Al-Qur’an.

Dalam sambutannya, Sekcam Putussibau Utara, Agus Triyono menyampaikan bahwa tujuan dari penyelenggaraan kejuaraan pada setiap cabang olahraga selain untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan, juga dimaksudkan untuk menggali potensi atlit-atlit muda guna menghadapi ivent-ivent yang lebih tinggi.

“Kejuaraan tingkat kecamatan ini sebagai ajang seleksi serta ajang pemanasan sebelum menghadapi PORSENI di tingkat Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2017,” terangnya.

Oleh karenanya, jika latihan dilakukan dengan kontiniu secara rutin, tidak menutup kemungkinan di Kecamatan Putussibau Utara akan lahir atlit-atlit dan seniman-seniman muda, sehingga Putussibau Utara bisa meraih juara seperti yang kita harapkan di tingkat Kabupaten, jelasnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, Guru Pembimbing, Pelatih dan panitia penyelenggara serta seluruh peserta Porseni Kecamatan Putussibau Utara atas dukungan serta kerjasama yang baik sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik,” tandasnya. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY