Ilustrasi Narkotika (Foto: Ist)
Ilustrasi Narkotika (Foto: Ist)

Rutin lakukan penyuluhan, sosialisasi dan langkah-langkah preemtif serta preventif

KalbarOnline, Sintang – Kapolres Sintang, AKBP Sudarmin, S.IK, melalui Kasat Res Narkoba Polres Sintang, Aris Setiawan mengatakan bahwa sejauh ini koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BNN, Dinas Kesehatan, dan lainnya sudah cukup baik guna mengantisipasi peredaran gelap narkoba.

“Penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, sosialisasi di masyarakat, sekolah-sekolah, kantor desa, kampus-kampus juga sudah seringkali dilakukan,” ungkapnya.

Ia juga menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi memang harus tetap rutin dilaksanakan. Pengawasan ke tempat-tempat rawan peredaran seperti tempat hiburan, cafe, pelabuhan, terminal, maupun bandara juga rutin dilakukan.

“Kami terus lakukan antisipasi peredarannya tersebut dengan melakukan monitoring, pemasangan banner dan himbauan, pendataan tempat hiburan dan menekankan untuk jangan sampai ada peredaran narkoba,” tukasnya.

Pihaknya juga terus menghimbau apabila ada orang yang melakukan transaksi peredaran narkoba agar pemilik cafe atau tempat hiburan segera memberitahukan kepada Polres Sintang khususnya Sat Narkoba untuk ditindaklanjuti.

“Namun sampai saat ini belum ada yang memberitahukan kepada kami Sat Narkoba. Apabila di tempat hiburan atau cafe ditemukan yang jelas pihak pemilik akan kami lakukan pemeriksaan,” tukasnya lagi.

Pengawasannya juga melalui giat preemtif dan preventif dari Sat Lantas, Sat Sabhara maupun Sat Binmas untuk antisipasi peredaran narkoba dan koordinasi dengan pihak instansi terkait yang ada di bandara, pelabuhan, terminal. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY