Bintara Polres Sekadau, Saat Mengikuti Kegiatan Outbond ke Kantor DPRD Sekadau Yang Diikuti Langsung Kapolres Sekadau, AKBP Yury Nurhidayat (Foto: Mus)
Bintara Polres Sekadau, Saat Mengikuti Kegiatan Outbond ke Kantor DPRD Sekadau Yang Diikuti Langsung Kapolres Sekadau, AKBP Yury Nurhidayat (Foto: Mus)

Kapolres: Agar Mereka Memahami Kondisi di Daerah Tempatnya Bertugas

KalbarOnline, Sekadau – Polres Sekadau mendapat jatah 20 orang Bintara baru tahun perekrutan 2016. Para polisi baru tersebut mulai ditugaskan di Sekadau sejak awal pekan ini.

Sebelum ditugaskan ke lapangan, para bintara tersebut diharuskan mengikuti orientasi lapangan atau outbond yang digelar, Selasa (21/3) kemarin. Dalam kegiatan outbond tersebut, mereka diminta berjalan kaki mengunjungi sejumlah tempat penting dan bersilaturrahmi langsung dengan pejabat Kabupaten Sekadau.

“Tujuannya, agar adek – adek kita yang baru ini bisa memahami kondisi daerah tempatnya bertugas,” ucap Kapolres Sekadau, AKBP Yury Nurhidayat, SIK.

Kapolres Sekadau disela – disela kegiatan outbond tersebut yang dimulai dari mengunjungi Kantor Bupati Sekadau dan dilanjutkan ke Kantor DPRD Sekadau, mengatakan bahwa sebagai polisi, harus mengenal medan tempat tugasnya dengan baik.

“Termasuk didalamnya, dimana lokasi-lokasi kantor pemerintah atau tempat-tempat penting yang perlu dilindungi. Jangan sampai mereka tidak tahu lokasi tugasnya. Nanti disuruh datangi atau jaga tempat ini, tapi tidak tahu posisinya,” tuturnya.

Selain itu, dalam outbond tersebut, para personil juga mendapatkan arahan dari sejumlah seniornya.

“Ini bertujuan agar antara junior dan senior terjalin keakraban,” imbuh Yury.

Dalam kesempatan tersebut, para bintara baru berkunjung ke kantor Bupati untuk bersilaturrahmi dengan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau, serta sejumlah pejabat eksekutif. Mereka juga berkunjung ke kantor DPRD Sekadau untuk beratatap muka dengan pimpinan dan sejumlah anggota dewan.

Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si saat memberikan arahan kepada para bintara baru berharap para personil polisi yang ditugaskan di Sekadau itu dapat betah bertugas di Sekadau.

“Mudah – mudahan betah bertugas disini,” ucap Rupinus.

Rupinus juga mengatakan bahwa cara kerja polisi berbeda dengan ASN pada umumnya. Polisi lebih banyak bertugas dilapangan.

“Jadi banyak juga masyarakat yang bertanya kenapa polisi sering ada di luar, termasuk warung kopi. Saya jelaskan, memang seperti itu lah cara kerja polisi,” ulas Rupinus.

Dari 20 bintara baru yang bertugas di Sekadau itu, sebanyak 9 orang berasal dari Sekadau dan sisanya dari luar Kabupaten Sekadau. Rupinus pun berharap mereka yang berasal dari luar Kabupaten Sekadau dapat membaur bersama masyarakat.

“Walaupun tugas di luar Kabupaten, tapi kita ini masih sama saja. Tidak ada orang luar dan orang asli sama saja, Pungkasnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY