Suasana Pelaksanaan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda 2017 di Kabupaten Sintang, Yang Dipimpin oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno (Foto: Sg/Hms)
Suasana Pelaksanaan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda 2017 di Kabupaten Sintang, Yang Dipimpin oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno (Foto: Sg/Hms)

Peringatan Sumpah Pemuda ke-89

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno memimpin langsung upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 89 tahun 2017 di Kabupaten Sintang yang mengusung tema ‘Pemuda Indonesia Berani Bersatu’ yang turut dihadiri unsur organisasi perangkat daerah (OPD) Sintang, unsur forkopimda, TNI, Polri, pelajar, mahasiswa dan pihak terkait lainnya, yang dilangsungkan di GOR Apang Semangai Sintang, Sabtu pagi (28/10).

Melalui momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tersebut, Bupati mengajak seluruh anak bangsa khususnya para pemuda Sintang untuk mengingat kembali semangat perjuangan para pemuda 89 tahun lalu.

Dimana mereka mampu bersatu dari berbagai penjuru negeri yang memiliki latar belakang agama, suku dan adat istiadat yang berbeda, meskipun saat itu jalur transportasi dan akses kehidupan lainnya sulit. Namun mereka mampu berkomitmen untuk berkumpul bersatu mengikat sebuah janji perjuangan.

“Dulu tahun 1928 para pemuda kita dari berbagai penjuru tanah air seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan daerah lainnya berkumpul semua di Jakarta, pergi ke Jakarta hanya dengan kapal laut berbulan-bulan, justru mereka mampu bersatu melahirkan Sumpah Pemuda yang pada akhirnya menjadi satu tonggak utama Kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Melihat semangat para pemuda kala itu yang semua akses kehidupan terbatas, Bupati menjelaskan justru berbanding terbalik dengan kondisi saat ini, dimana sudah mudah dinikmati siapapun terutama bagi kaum pemuda namun hal itu malah menjadi pemecah persatuan bangsa.

“Sekarang ini transportasi mudah, akses informasi mudah seperti Smartphone, alat-alat elektronik dan lainnya bisa untuk kita komunikasi 24 jam, tapi anehnya justru menjadi awal perselisihan, terjadinya ujaran-ujaran kebencian, penyebaran hoax dan lainnya,” tuturnya miris.

Oleh karena itu, untuk menangkal atau mencegah terjadinya hal yang bersifat memecah belah rasa persatuan dan kesatuan bangsa, Bupati mengajak semua anak bangsa terutama para kaum pemuda dan pemudi mengingat kembali Sumpah Pemuda 89 tahun yang lalu karena dalam keadaan sulit para pemuda kala itu mampu bersatu, untuk itu kita saat ini harus lebih bisa bersatu kembali karena itu modal kita untuk menjadi bangsa yang besar.

“Mari kita ingat terus sumpah pemuda kita, semangat persatuan kita, NKRI harga mati, mudah-mudahan Indonesia bisa bangkit menuju generasi emas tahun 2045,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sintang, Jefray Edward, melalui momentum hari Sumpah Pemuda ini, dirinya mengajak para pemuda membangun bangsa Indonesia ini secara bersama-sama yakni melalui peran aktif para pemuda.

“Saya sangat senang hari ini melihat semangat pemuda yang turut hadir dalam upacara hari Sumpah Pemuda, ini sungguh luar biasa, sehingga ini dapat menjadi modal bagaimana kita membangun dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Untuk itu, ia meminta pemuda jangan kalah semangat dengan orang tua, karena pemuda itu memiliki semangat yang luar biasa, oleh sebab itu dirinya mengajak pemuda untuk turut  andil membangun bangsa ini, membangun Provinsi Kalbar khususnya Kabupaten Sintang menjadi lebih baik lagi.

Pada akhir kegiatan juga dilaksanakan pembagian hadiah kepada para pemenang yang mengikuti perlombaan dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 di yang digelar Disporapar Sintang. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY