Ilustrasi Hari Pahlawan 2017 (Foto: Ist)
Ilustrasi Hari Pahlawan 2017 (Foto: Ist)

KalbarOnline, Mempawah – Raungan sirene tepat pukul 08.15 WIB mewarnai Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Mempawah, Jumat (10/11).

Upacara yang dipimpin Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana diikuti para pegawai negeri sipil Pemerintah Kabupaten Mempawah, unsur TNI, Polri, pelajar, Gerakan Pramuka, dan sejumlah organisasi kepemudaan, berlangsung khidmat.

Turut hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mempawah dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Di bawah terik matahari pagi, seluruh peserta upacara mengheningkan cipta tepat pukul 08.15 WIB.

Membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, Wabup Gusti Ramlana mengatakan setelah kemerdekaan diraih, tahapan selanjutnya adalah bersatu.

Setelah bersatu, maka bangsa Indonesia baru bisa memasuki tahapan bernegara berikutnya, yaitu berdaulat, adil dan makmur.

“Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa, maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Ramlana.

Ramlana mengutip ucapan legendaris presiden pertama RI Soekarno, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

Ucapan itu, menurut Ramlana, punya makna mendalam.

Tanpa pengorbanan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara bernama Republik Indonesia.

Ramlana mengatakan ada pelajaran dari api perjuangan para pendahulu bangsa.

Terpisah, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial, Hartono Laras mengatakan kegiatan mengheningkan cipta serentak pada pukul 08.15 bertepatan dengan waktu peristiwa heroik pada 10 November 1945 silam di Kota Surabaya.

Hartono menjelaskan, hening cipta dilakukan untuk mengenang, memberikan penghargaan, dan penghormatan kepada para pahlawan bangsa.

Kegiatan hening cipta berlangsung secara nasional. Di lembaga-lembaga pemerintah baik di dalam maupun perwakilan di luar negeri juga diwajibkan melakukan hening cipta.

“Di mana saja dan sedang melakukan apapun baik itu di jalan, di kantor, di pusat-pusat keramaian, kita minta untuk mengheningkan cipta sejenak,” ucapnya.

Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Mempawah berlanjut dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Putra Bangsa Mempawah di Desa Penibung, Kecamatan Mempawah Hilir. (Fai/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY