Safari Ramadhan Pemkab Sekadau di Nanga Mahap yang Dipimpin Langsung Oleh Bupati Sekadau, Rupinus yang Didampingi Wakil Bupati Sekadau, Aloysius Beserta Rombongan (Foto: Mus/Hms)
Safari Ramadhan Pemkab Sekadau di Nanga Mahap yang Dipimpin Langsung Oleh Bupati Sekadau, Rupinus yang Didampingi Wakil Bupati Sekadau, Aloysius Beserta Rombongan (Foto: Mus/Hms)

KalbarOnline, Sekadau – Setelah melaksanakan Safari Ramadhan perdana di Belitang Hulu, Pemkab Sekadau melanjutkan Safari Ramadhan kedua di Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Rabu (23/5).

Safari Ramadhan yang dipimpin Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si didampingi Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si ini bertemakan ‘Meningkatkan Tali Silaturahmi Dengan Masyarakat di Nanga Mahap’.

Pada kesempatan, Bupati Rupinus menyampaikan pesan kepada seluruh umat Muslim di Kecamatan Nanga Mahap khususnya untuk merayakan lebaran dengan sederhana dan tidak berlebihan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Rayakanlah hari besar dengan sederhana, jangan konsumtif. Tingkatkan tali silaturahmi antar umat beragama,” pesan orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini.

Terkait situasi yang berkembang di media sosial, khususnya aksi terorisme, Bupati mengajak umat Muslim untuk tetap tenang dan bijak.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Sekadau, berharap agar kita semua dapat meningkatkan kembali keamanan lingkungan kita. Dengan melakukan atau mengaktifkan kembali pos jaga (ronda malam) supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di lingkungan sekitar kita,” harapnya.

Begitu juga yang di harapkan Kepala Kantor Kemenag kabupaten Sekadau, H. Darohman yang mengatakan bahwa dalam berpuasa kiranya dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ihklas serta tidak setengah-setengah.

“Berpuasa bukan hanya menahan lapar dan haus,” ucapnya.

Ia juga mengajak umat Muslim Nanga Mahap dapat menciptakan situasi yang sudah kondusif yaitu saling toleransi antara umat beragama, agar kebersamaan ini selalu indah.

Sementara, Plt. Sekcam Nanga Mahap, Supardi Pon menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sekadau beserta rombongan.

“Kami mohon maaf apabila penerimaan atau penyambutan dari kami kurang berkenan,” ucapnya.

Sementara, Kapolsek Nanga Mahap, Ipda I Nengah Muliawan mengatakan bahwa guna menjaga kondusifitas selama kegiatan tersebut, pihaknya mengerahkan beberapa personil dengan sikap siaga melakukan pengamanan.

“Jajaran kita selalu siap melaksanakan pengamanan yang kondusif demi keamanan dan kenyamanan bersama,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sekadau juga menyerahkan bantuan diantaranya;

– Masjid Sirazul Islam, Dusun Sengkabang, Desa Tamang berupa 1 set tar dan Buku Hadrah

– Masjid Al-Yaqin, Desa Batu Pahat berupa 1 set Vodium

– Masjid Hayatul Zannah, Dusun Seberang Sekadau, Desa Nanga Mahap berupa 1 set wireless

– Masjid Besar Nurul Hidayah, Nanga Mahap berupa Kipas Angin dan 10 gulung Sajadah

– Lembaga Pendidikan Islam Raudhatul Atfal Alhidayah Nanga Mahap berupa 2 Kaleng Cat

– Kelompok tani muda bersatu Desa Tembesuk berupa Traktor Roda 2

– Kelompok tani Desa Lembah Beringin berupa Pompa Air

– Sungai Sepoya Desa Nanga Suri berupa Power Thresher.

Penyerahan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Usai Safari Ramadhan, sekira pukul 19.30 wib sampai dengan selesai yang bertempat di Masjid Besar Nurul Hidayah Nanga Mahap.

Turut hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Sekadau, Danramil Nanga Mahap, Kapten M. Yunus, Kepala Puskesmas, Bernad, A.Md. Kep, Perwakilan anggota DPP Paroki Nanga Mahap, Perwakilan CU (Credit Union) di pusat Kecamatan, Anggota Panwaslu Kecamatan Mahap, Perwakilan Bhayangkari dan Persit Mahap, Ibu PKK Kecamatan Mahap, Kades dan Ketua BPD se – Kecamatan Mahap, Perwakilan pihak perusahaan di Mahap, Ketua BKMT Cabang Nanga Mahap beserta pengurus, Ketua WKRI Cabang Mahap beserta pengurus, Remaja Masjid Nurul Hidayah Nanga Mahap, tokoh Agama, Kadus, Kepala adat, Ketua RT dan RW Desa Nanga Mahap dan masyarakat Desa Nanga Mahap. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY