Suasana Gebyar Muharam Yang Digelar PHBI Sanggau (Foto: Leo/Hms)
Suasana Gebyar Muharam Yang Digelar PHBI Sanggau (Foto: Leo/Hms)

Rayakan Tahun baru Islam 1439 Hijriyah

KalbarOnline, Sanggau – Dalam rangka menyambut dan merayakan tahun baru Islam 1439 Hijriyah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau menggelar berbagai kegiatan dalam acara Gebyar Muharam yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Sanggau, belum lama ini.

Acara tersebut turut dihadiri Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Sanggau, H Rony Fauzan, para Kepala OPD, Sekcam Kapuas, Ambari, Kepala Kemenag Sanggau M Taufik serta seluruh jajaran PHBI dan undangan lainnya.

Ketua PHBI Sanggau, Drs Hadi Sudibjo mengatakan bahwa pada tanggal 1 Muharam 1439 H dilaksanakan Pawai Ta’ruf dilanjutkan dengan Tabliq Akbar dengan menampilkan Bapak Prof Dr  Din Syamsuddin, Badan Penasehat MUI Pusat.

Selanjutnya diadakan berbagai lomba yaitu Lomba Fashion Show Hijab Syar’I Lomba Cerdas Cermat tingkat Sekolah Dasar/MIN  dan Lomba Kue Halalan Thoyiban. kegiatan lain juga dilaksanakan dalam rangka merayakan Idul Adha 1438 H yaitu Lomba Takbir Mobil Hias Lomba Pawai Takbir berbusana Muslim tingat Sekolah dan Umum.

Dikatakanya, berbagai kegiatan yang dilaksanakan mendapat apresiasi dan antusias yang luar biasa dari Umat Muslim seperti pawai ta’ruf yang pesertanya  mencapai tiga ribu orang,  belum lagi Tablig Akbar di Mesjid Agung Al Muawanah Sanggau hampir tidak tertampung dengan peserta yang begitu banyak.

“Kemudian untuk fashion show pesertanya juga banyak dari tahun lalu yaitu 87 orang. Ini menunjukan bahwa masyarakat muslim sudah sangat maju dan ini tentunya tidak terlepas dari meningkatnya keimanan dan ketaqwaan umat,” jelasnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau, M Taufik dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan tahun baru hijriah untuk mengenang peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah.

“Ini dimaksudkan bagaimana kita berpindah dari tempat yang kurang baik ke tempat yang baik. Ini dapat kita implemntasikan merubah hal-hal yang tidak baik kepada yang baik, yang kurang kita tambahkan dan kita tingkatkan terutama iman dan taqwa kita kepada Allah,” katanya.

Selain itu, peringatan tahun baru ini kita maknai hati yang baru dan bersih menjalin keharmonisan dan kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama, antar Organisasi Kemasyarakatan dan kelompok.

“Karena kerukunan nasional sukses, karena adanya kerukunan Intern umat beragama disuatu daerah kita juga sangat berterima kasih kepada Pemkab Sanggau yang telah mengakomodir PHBI sehingga  secara garis besar saling mendukung  demi kemajuan Sanggau,” ujarnya.

Asisten Pembangunan dan Perekonimian Setda Sanggau, H Rony Fauzan dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PHBI yang telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan.

“Ini tidak telepas dari Visi Misi Bupati Sanggau dalam mewujudkan Sanggau yang Berbudaya dan Beriman. ini merupakan kontribusi besar kepada pemerintah dalam membangun umat,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan agar kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan di tahun-tahun mendatang dan mungkin dapat melibatkan masyarakat yang lebih banyak lagi.

“Untuk fashion show mungkin dilombakan juga kategori pria bukan hanya wanita, kemudian yang lain mungkin diadakan lomba kelompok kesenian yang nuansa islami dan cabang-cabang lain yang melibatkan seluruh elemen masyarakat sehingga peringatan tahun baru Islam akan lebih semarak,” tandasnya. (Leo/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY