Ilustrasi Wayang Kulit (Foto: Ist)
Ilustrasi Wayang Kulit (Foto: Ist)

KalbarOnline, Kubu Raya – Dalam rangka memeriahkan HUT Kubu Raya ke 10, Pemerintah Kubu Raya bekerjasama dengan Paguyuban Mustiko Buono akan menggelar Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya. Kegiatan tersebut akan menghadirkan dalang nasional Ki Anom Suroto dan Ki Bayu Aji.

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengangkat dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di Kubu Raya sekaligus menjalin dan mempererat silaturahmi.

Dikatakan Rusman Ali, sebelumnya juga sudah dilaksanakan gelar budaya selama kurang lebih sepekan yang menampilkan segala jenis budaya dan seni yang ada di masyarakat Kubu Raya.

“Ini dalam ramgkaian kita untuk melestarikan segala aset-aset budaya dan seni yang ada di Kubu Raya. Kita tau bahwa di Kubu Raya memiliki beragam etnis dan budaya serta seni yang beraneka ragam. Ini yang kita harus jaga dan lestarikan bersama sebagai kekayaan budaya kita,” terang Rusman Ali.

Rusman Ali menjelaskan kegiatan Wayang semalam suntuk yang dilaksanakan atas kerjasama dengan Paguyuban Mustiko Buono. Salah satu paguyuban yang eksis melestarikan kebudayaan jawa di Kubu Raya salah satunya Wayang Kulit.

Rusman Ali mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk ikut serta menjaga dan melestarikan kekayaan budaya yang ada di masyarakat Kubu Raya sebagai aset bangsa dan aset daerah. Pertunjukan Wayang Kulit yang akan dilangsungkan hari Sabtu 22 Juli 2017 malam, dibuka untuk umum. Tidak hanya bagi masyarakat Jawa, melainkan seluruh masyarakat Kubu Raya dan Kalbar.

“Kita membangun kebersamaan dan kerjasama yang baik dalam menjaga dan melestarikan kekayaan budaya yang ada dimasyarakat,” pungkas Rusman Ali. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY