Pekan Simpatik Peduli Sampah Kota Pontianak 2017 (Foto: Ist)
Pekan Simpatik Peduli Sampah Kota Pontianak 2017 (Foto: Ist)

Pontianak Bebas Sampah 2020

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2017, Pemerintah Kota Pontianak beserta jajaran instansinya mengajak masyarakat, komunitas, dan dunia usaha untuk turut aktif bersama dalam kegiatan Pekan Simpatik Peduli Sampah yang akan diselenggarakan mulai tanggal 19 – 26 Februari 2017.

Adapun jargon yang menjadi tema utama dalam kegiatan Pekan Simpatik Pontianak Peduli Sampah yang akan diselenggarakan selama sepekan tersebut yakni “Pontianak Bebas Sampah 2020.

Selain didukung penuh oleh jajaran instansi terkait, seperti: Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas PU Bidang Pertamanan dan SDA, dan Satpol PP Kota Pontianak, kegiatan ini juga turut didukung oleh masyarakat, dunia usaha, dan komunitas-komunitas yang ada, seperti: Earth Hour Pontianak, Komunitas Blogger Pontianak, Gerakan Senyum Kapuas, Bank Sampah Rosella, dan beberapa komunitas lainnya.

Gerakan Pontianak Bebas Sampah 2020 merupakan bagian dari program gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020 yang mulai dikampanyekan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2016 di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga turut hadir dan ikut mengkampanyekan gerakan ini dengan melakukan komunikasi langsung dengan empat Walikota yang diantaranya Wali Kota Bandung, Wali Kota Surabaya, Wali Kota Makassar, dan Wali Kota Balikpapan, sekaligus mengajak langsung masyarakat yang hadir untuk melakukan kerja bakti serentak.

Gerekan Indonesia Bebas Sampah 2020 yang didukung oleh ratusan komunitas di seluruh Indonesia saling terhubung melalui website http://bergerak.bebassampah.id

Pada tahun ini, Pemerintah Kota Pontianak selaku penyelenggara utama kegiatan Pekan Simpatik Peduli Sampah 2017, telah merancang 8 (delapan) agenda utama, antara lain sebagai berikut:

– Sedekah Pohon Kolaborasi Menanam (Minggu, 19 Februari 2017)

Para pelaku usaha yang mengurus Dokumen Lingkungan dapat mensedekahkan minimal 1 (satu) jenis pohon untuk penghijauan. Kegiatan yang rencananya akan disandingkan dengan Aksi Bersih Parit dan Sungai ini nantinya akan didukung sepenuhnya oleh Dinas Pekerjaan Umum Program Bidang Pertamanan dan SDA.

– Aksi Bersih Parit dan Sungai (Minggu, 19 Februari 2017)

Pada hari yang sama, rangkaian kegiatan berikutnya adalah Aksi Bersih Parit dan Sungai. Wakil Wali Kota Pontianak, Ir Edi Rusdi Kamtono dikabarkan akan turut hadir pada kegiatan tersebut apabila tidak ada agenda lain.

– Operasi Simpatik Kendaraan Wajib Menyediakan Tempat Sampah (Senin, 20 Februari 2017)

Keesokan harinya, Dinas Perhubungan Kota Pontianak akan melaksanakan Operasi Simpatik di beberapa titik lokasi. Adapun yang akan menjadi target operasi nantinya adalah pengendara roda empat yang memiliki tong sampah. Setiap kendaraan yang memiliki tong sampah akan langsung diberikan stiker khusus.

– Edukasi Sekolah dalam Pengembangan Eco-School (Selasa, 21 Februari 2017)

Dalam gerakan Pontianak Bebas Sampah 2020 ini, akan disosialisasikan mengenai program pemberdayaan Gerakan Pungut Sampah Yok di lokasi sekolah maupun kantor. Akan ada beberapa sekolah maupun kantor yang akan ditunjuk menjadi percontohan sekolah peduli sampah / lingkungan. Selain itu, rencanya di setiap sekolah percontohan tersebut akan dibentuk Bank Sampah dimana mekanisme pembentukan dan proses aktivitasnya mengadopsi dari Bank Sampah Rosella.

– Edukasi Pemilik Ruko untuk Penyediaan Tempat Sampah Terpilah (Sabtu, 25 Februari 2017)

Pemilik toko akan dikirimkan surat ederan terkait penyediaan sampah terpilah. Setelah batas waktu yang ditentukan, akan langsung ditindaklanjuti oleh Satpol PP. Pemilik ruko yang telah menyediakan tempat sampah akan langsung diberikan stiker khusus.

– Diet Tas Kresek (Minggu, 26 Februari 2017)

Rencanaya beberapa pasar tradisional di Kota Pontianak akan menjadi target program kegiatan ini. Selain akan dilakukan evaluasi mengenai penerapan diet tas kresek tahun sebelumnya, nantinya juga akan dilakukan distribusi tas ramah lingkungan yang akan didistribusikan serta mengupayakan untuk mengganti penggunaan kantong kresek dengan karung beras.

– Aksi Sayang Pohon Kote (Minggu, 26 Februari 2017)

Reklame-reklame yang terpasang di batang – batang pohon akan langsung dicabut dan dibersihkan dalam operasi kegiatan ini.

– Seminar Angkut’s Mulung’s (Minggu, 26 Februari 2017)

Angkuts adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa angkutan maupun logistik dengan mengedepankan kemudahan bagi pelanggan dan memfokuskan pada pemanfaatan teknologi. Angkut sampah, kamu dituntut untuk mengumpulkan sampah anorganik meliputi botol plastik, air mineral gelas, kertas HVS, koran, kardus, dan kaleng alumunium. Sampah itu kemudian Angkuts beli dari anda dan selanjutnya akan dimanfaatkan. Kumpulkan sampah, pilah sampahnya dan dapat uang. (Fai)

Bagi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Pontianak Bebas Sampah 2020 ini dapat langsung menghubungi Sdr. Nizar 0896-9338-3780

Print Friendly, PDF & Email

1 COMMENT

LEAVE A REPLY