KalbarOnline, Sekadau – Memperingati Hari Pahlawan tepat pada tanggal 10 November, SMAN 1 Sekadau gelar Upacara serta adakan perlombaan di Sekolah pada jum’at (10/11) kemarin. Adapun kegiatan kali ini mengusung tema “Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri”.

Dengan beragamnya tampilan budaya daerah di Nusantara ini diharapkan, momentum peringatan tahun ini bisa membuat semakin bersatu padu membangun negeri.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan, Yosefis Leo, S.Pd menyebutkan, kegiatan tahun ini harus kita upayakan semeriah mungkin, karena sesuai tema kita angkat budaya daerah agar siswa paham tentang arti kebhinnekaan di tanah air ini.

“Kegiatan yang diperlombakan dalam rangka hari pahlawan diantaranya Lomba paduan suara, Lomba Senam Kesegaran Jasmani, Lomba fashion show, dan Lomba mengucapkan teks Sumpah Pemuda,” tutur Yosef.

Perlombaan yang diselenggarakan juga bertujuan untuk menggali kreatifitas siswa dan menyalurkan bakat serta minat mereka. Salah satu lomba yang diadakan adalah lomba paduan suara.

“Dimana peserta dituntut untuk menyanyikan 1 lagu wajib dan 1 lagu daerah,” tukas Yosef.

Untuk lagu daerah, peserta diperbolehkan memilih lagu daerah dari seluruh nusantara. Hal ini bertujuan agar terpupuk rasa nasionalisme bukan primordialisme.

Keterbatasan peralatan dan anggaran bukan menjadi alasan bagi siswa SMA Negeri 1 sekadau untuk tidak dapat berkreasi.

“Justru keterbatasan ini mendorong siswa-siswi untuk dapat melakukan inovasi dan kreasi,” tegas Yosef.

Misalnya, lanjut Yosef, peserta dari kelas 12 IPS yang membuat sendiri peralatan musik dari kaleng-kaleng dan botol-botol bekas.

“Untuk kedepannya acara seperti ini akan terus dilakukan agar terbentuk karakter siswa yang memiliki jiwa nasionalis, kreatif dan mandiri,” tandasnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY