Suasana Peringatan Hari Kartini Yang Digelar SMA Negeri 1 Nanga Mahap Yang Diikuti Seluruh Siswa Siswi (Foto: Mus)
Suasana Peringatan Hari Kartini Yang Digelar SMA Negeri 1 Nanga Mahap Yang Diikuti Seluruh Siswa Siswi (Foto: Mus)

Siswi dan Guru Wanita SMAN 1 Nanga Mahap Gunakan Baju Kebaya dan Baju Adat Daerah

KalbarOnline, Sekadau – Peringatan Hari lahir RA Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April diperingati dengan berbagai cara. Begitu pula dengan SMA Negeri 1 Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau turut serta memeriahkan dan menyambut hari Pahlawan emansipasi wanita Indonesia tersebut.

Dimulai dengan upacara bendera yang petugasnya mulai dari pengibar bendera sampai pembina upacara adalah wanita. Sebagai pembina upacara, Rahmawati sekaligus guru agama Islam di sekolah tersebut mengamanatkan bahwa wanita Indonesia saat ini jangan menyiakan perjuangan RA Kartini.

Dalam upacara terlihat berbeda karena para peserta upacara baik siswi maupun gurunya sebagian besar menggunakan baju kebaya dan baju daerah adat setempat. Begitu pula dengan para siswa dan guru pria termasuk kepala sekolahnya T Haryadi, S.Pd.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan acara peragaan busana kebaya dan baju daerah oleh para siswi dan guru wanita di sekolah tersebut.

Menurut penuturan salah satu guru SMA Negeri Kecamatan Nanga Mahap, Rika Yudha SP, tahun ini peringatan RA Kartini di SMAN 1 cukup meriah.

“Saya berharap tahun depan acara ini dapat lebih ditingkatkan lagi. Kita sekarang telah membuktikan bahwa wanita setara dalam pendidikannya dengan laki-laki, sehingga wanita tidak mau ketinggalan dalam pendidikan dengan laki-laki,” tekadnya.

“Para wanita tidak mau ketinggalan dalam bidang profesi dengan laki-laki. Laki-laki ada yang jadi menteri, maka wanitapun tak mau ketinggalan ada juga yang menjadi menteri, dan sebagainya,” pungkasnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY