Peringatan Hari Kartini ke -138 Yang Digelar Pemerintah Kabupaten Sekadau, Dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Yang Didampingi Masing-Masing Istri (Foto: Mus)
Peringatan Hari Kartini ke -138 Yang Digelar Pemerintah Kabupaten Sekadau, Dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Yang Didampingi Masing-Masing Istri (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan memperingati Hari Kartini ke – 138 tahun 2017, yang bertempat di Gedung Kateketik, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (21/4) pagi.

Turut hadir dalam peringatan Hari Kartini, Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si yang didampingi istri, Ny. Kristina Rupinus, S.Pd, M.Si, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si yang turut didampingi istri, Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, A.Md.

Peringatan Hari Kartini di Kabupaten Sekadau mengangkat tema “Dengan Semangat Kartini, Kita Perkuat Daya Cipta dan Kreatifitas Perempuan Masa Kini”.

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya yang sangat relevan dengan kondisi aktual saat ini, dimana perempuan dituntut untuk memiliki daya cipta dan kreatifitas dalam mendukung ekonomi keluarga.

“Perempuan diharapkan mampu menciptakan hal-hal yang penting dalam kehidupan keluarga, menyadari arti penting sumber daya manusia khususnya perempuan, maka peningkatan SDM merupakan salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Sekadau,” ucapnya.

Berbagai upaya, lanjutnya, telah dan akan terus dilakukan oleh pemerintah daerah, dalam rangka meningkatkan derajat perempuan.

“Perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa, kemampuan ini tentunya memerlukan pondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi,” tuturnya.

Dikatakan Bupati, dengan kemampuan inilah pula yang mendasarai Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehinga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama yang terkait dengan posisi kaum wanita.

“Atas Perjuangan RA Kartini itulah, kini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberikan kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial,” tukas Bupati.

“Jika kita bicara tentang posisi kaum perempuan berarti kita bicara tentang kesetaraan gender atau persamaan hak antara laki-laki dan perempuan. Namun, dalam realitanya sering terjadi biasa gender dimana banyak pemahaman yang keliru bahwa kebebasan dan kesetaran gender mengharuskan perempuan beraktivitas diluar rumah,” timpalnya.

Oleh karena itu, Bupati menjelaskan, perlu kearifan dari semua bahwa baik perempuan maupun laki-laki, lebih luas tentang tugas seorang perempuan secara kodrat, yang dimulai dari bagaimana memaksimalkan kemampuan perempuan dalam pembetukan karakter hingga mempersiakan anggota keluarga ketika keluar rumah untuk bersosialisasi dalam masyarakat.

“Dalam kaitan pembangunan Kabupaten Sekadau khususnya pemberdayaan perempuan, banyak program pembangunan yang harus jadi fokus dan membutuhkan partisipasi dari kaum perempuan untuk menjadi motor penggerak, antara lain bagaimana upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, berdasarkan angka kematian ibu melahirkan (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), pendidikan dasar sembilan tahun, mendukung kesetaran gender dan pemberdayaan perempuan, keikutsertaan perempuan dalam memastikan kelestarian perempuan, dalam memastikan kelestarian lingkungan hidup dan sebagainya,” papar Bupati.

“Akhirnya kita semua tentu berharap peringatan Hari Kartini tahun ini dapat menjadi momen kebangkitan kaum perempuan untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kabupaten Sekadau,” pungkasnya.

Kegiatan peringatan Hari Kartini ini juga dihadiri Danramil 15/Sekadau Hilir, Kapten Inf Indra Fiansyah, Forkopimda, unsur OPD, kader PKK, Persit, Bhayangkara, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY