Penobatan Sultan IX Kesultanan Pontianak, Yang Mulia Sri Paduka Syarif Mahmud Melvin Alkadrie (Foto: Ist)
Penobatan Sultan IX Kesultanan Pontianak, Yang Mulia Sri Paduka Syarif Mahmud Melvin Alkadrie (Foto: Ist)

Pemkot Dukung Istana Kadriah Menjadi Obyek Wisata

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji berharap, Sultan IX Kesultanan Pontianak yang baru dinobatkan, fokus pada pengembangan Budaya Melayu Pontianak agar lebih mendunia.

“Selain itu, kita juga mengharapkan Kesultanan Pontianak turut mendukung pengembangan pariwisata di Kota Pontianak dan mengembangkan adat Budaya Melayu yang ada,” ujarnya, saat penobatan Yang Mulia Sri Paduka Sultan Syarif Machmud Melvin Alkadrie, Sabtu (15/7).

Menurutnya, peran Sultan sangat penting dan diharapkan dapat mengayomi serta menjadi perekat seluruh komponen, etnis maupun agama yang ada di Kota Pontianak ini.

“Karena itu adalah tupoksi seorang Sultan,” terangnya.

Dirinya juga sangat mendukung rencana pihak Kesultanan untuk menjadikan napak tilas sebagai agenda tahunan karena dikatakannya apa yang baik harus didukung terlebih untuk kemajuan pariwisata di Kota Pontianak ini.

Orang nomor satu di Kota Pontianak ini mengatakan bahwa wilayah Pontianak Timur merupakan tempat berkedudukan Masjid Jami dan Istana harus menjadi kawasan pengembangan kebudayaan.

“Pemkot Pontianak mendukung Istana Kadriah untuk menjadi obyek wisata dan Masjid Jami sebagai tujuan wisata religious. Nanti kita akan kembalikan bentuk pagar istana seperti kondisi semula supaya Keraton Kadriah menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kita akan kembalikan pada kayu lagi pagarnya. Saya berharap ada pengembangan budaya yang lain untuk Kota Pontianak,” pungkasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY